Waspada
Waspada » Kondisi Cuaca Tidak Halangan Melaut  
Sumut

Kondisi Cuaca Tidak Halangan Melaut  

NELAYAN jaring timbul persiapkan alat tangkap dan perbekalan sebelum melaut di Pelabuhan Tanjungtiram, Batubara.Waspada/Iwan Has

TANJUNGTIRAM (Waspada): Nelayan yang bertangkahan di Kuala Batubara perairan Kec Tanjungtiram tetap beraktivitas di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini,  terkadang diterpa hujan dan angin dalam pelayaran menangkap ikan melaut.

” Kondisi cuaca tidak jadi hambatan/penghalang bagi kami untuk melaut menangkap ikan. Namanya juga usaha. Cukup tidak hasil tangkapan yang diperoleh nanti, semua itu diatur sang pencipta,”tukas nelayan jaring timbul kepada Waspada di Pelabuhan Tanjungtiram, Minggu (29/11).

Nelayan mengatakan, belakangan ini kondisi cuaca tidak menentu, terkadang turun hujan dan angin yang tidak sampai menimbulkan terjadinya gelombang besar.

“Jika hujan dan angin sudah biasa di laut. Kita khawatirkan gelombang tinggi yang membahayakan. Memaksa berlindung di balik pulau sampai menunggu gelombang usai (cuaca normal) baru kembali beraktivitas,” ujar Syamsul dan Fendi.

Kendati di terpa hujan lebat dan angin sekalipun, sepanjang tidak berekses gelombang tinggi mereka tetap melaut menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan permintaan pasar.

“Memang belakangan ini hasil tangkapan berkurang. Mungkin sudah lewat musim atau sifat ikan sering berpindah ke titik perairan satu kelainnya.Jika hujan jadi faktor penyebab tidak mungkin. Sebab tidak sampai mempengaruhi tingkat kadar keasinan air laut,”ujarnya.

Menurutnya diperkirakan puluhan, bahkan seratusan unit boat jaring timbul turun ke laut menangkap ikan jenis gembung.

Jika musim banjir ikan harganya anjlok bisa mencapai ribuan dan belasan ribu per kilogram dipasaran.

Namun sekarang harganya tinggi mencapai Rp 20.000 s/d Rp 28.000/ kg, dampak berkurangnya hasil tangkapan nelayan.(a18)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2