Komisaris Utama PT Inalum Kunker ke Kebun Raya Samosir

  • Bagikan

SAMOSIR (Waspada) : Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum/Persero) melakukan kunjungan kerja ke Kebun Raya Samosir yang berada di Aek Natonang, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir terkait program penghijaun yang ada di Daerah Tangkapan Air Kawasan Danau Toba bersama 7 Kepala Daerah, Senin lalu (10/1).

Komisaris Utama PT Inalum, Doni Monardo didampingi oleh Kepala Departemen Administrasi PLTA PT Inalum (Persero), Ari Bowo dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir mengawali rangkaian kunjungan tersebut di lokasi pembibitan tanaman di daerah Aek Natonang Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Perlu diketahui bahwa di Aek Natonang juga bukan hanya sekedar tempat penghijauan untuk Danau Toba. Akan tetapi di daerah tersebut juga ada Danau yang mungkin bisa dijadikan sumber irigasi untuk pertanian.

“Uniknya Danau tersebut ada di atas Danau Toba. Memungkinkan untuk dijadikan destinasi wisata tambahan dan fokus penghijauan di derah Kabupaten Samosir dan Kawasan Danau Toba,” ujar Ari Bowo.

Malam hari dilanjutkan dengan rapat yang berlangsung di ruang rapat hotel Khas Parapat pada pukul 19.00 WIB. Rapat ini dihadiri oleh 7 Kepala Daerah Kabupaten di Kawasan Danau Toba yakni Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Dandim dan Kapolres seluruh Kawasan Danau Toba serta pimpinan Gereja HKBP.

Pertemuan tersebut membahas terkait dengar pendapat dan masukan dari para pemimpin daerah dalam program penghijauan yang ada di daerah tangkapan air Danau Toba.  Sesuai dengan landasan Perpres dan SK Gubsu terkait pemulihan hutan sekitar Kawasan tangkapan air Danau Toba.

“Inalum sebagai pemanfaat air Danau Toba komit dalam menyelamatkan dan menjaga kestabilan air Danau Toba dan juga sudah mendapat amanah dari KLHK dan PJPSDA dalam rangka penghijauan di sekitar Kawasan Danau Toba yang ditunjukkan melalui program kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan penanaman pohon yang dapat menunjang perekonomian masyarakat dan juga menjaga kelestarian lingkungan”, ungkap Ari Bowo.

Doni Monardo selaku komisaris MIND ID menyampaikan kunci penyelamatan Kawasan Danau Toba sebagai 15 kawasan wisata super prioritas melalui kolaborasi semua pihak dan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya yang lebih maksimal, reforestrasi hutan dengan tumbuhan yang punya fungsi ekologis dan ekonomis. Berharap Inalum berperan lebih dalam penyelamatan Danau Toba sebagai sumber utama operasional pembangkit listrik.

“Sementara ada beberapa usulan dari beberapa kepala daerah, Dandim, serta Kapolres dan undangan yang hadir dalam rapat tersebut terkait luas lahan kritis yang ada di wilayah Kawasan daerah masing-masing dan juga permasalahan KJA dan masalah sosial masyarakatt dan perijinan dari KLHK yang dapat menghambat program penghijauan tersebut,” papar Doni Monardo.

Rapat berakhir pada pukul 23.00 WIB, Doni Monardo mengharapkan dukungan dari pemerintahan daerah, TNI, dan Polri dan seluruh organisasi masyarakat, tokoh agama supaya memberikan kontribusi dalam memulihkan Danau Toba. (a36/cts)

Komisaris Utama PT Inalum (Persero) Doni Monardo dan pemerintahan Kabupaten Samosir, TNI, Polri dan pengurus Kebun Raya Samosir berjalan menuju lokasi penanam pohon yang berlokasi di Aek Natonang Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. Waspada/Ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *