KNPI Apresiasi Kinerja DPRD Padanglawas

KNPI Apresiasi Kinerja DPRD Padanglawas

  • Bagikan
Ketua DPD KNPI Palas, Irham Habibi Harahap, M.Pd. Waspada/Ist
Ketua DPD KNPI Palas, Irham Habibi Harahap, M.Pd. Waspada/Ist

PALAS (Waspada); Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Padanglawas (Palas), Irham Habibi Harahap, M.Pd mengapresiasi kinerja DPRD Palas yang konsisten dalam menjalankan fungsi penganggaran.

Demikian disampaikan Irham kepada waspada.id, Kamis (14/10), menanggapi sikap Ketua bersama seluruh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palas yang kompak menunda sidang paripurna pengesahan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) tahun 2022.

Kata Irham, hal ini merupakan sejarah baru yang terjadi sejak Kabupaten Padanglawas dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan, 14 tahun lalu.

Karena itu, tidaklah berlebihan memberi apresiasi yang luar biasa bagi seluruh Anggota DPRD Palas periode 2019-2024 yang sudah melaksanakan tugas, wewenang dan haknya dengan baik sebagaimana amanah undang-undang yaitu membahas dan memberikan persetujuan terhadap anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Sebagai duta partai berdasarkan pilihan rakyat dan mendapatkan tunjangan dari negara, sikap kritis seperti ini memang harus dilakukan.

Irham menambahkan, jangan sampai organisasi perangkat daerah (OPD) mengelabui lembaga yang terhormat dengan beberapa item kegiatan yang sifatnya hanya menghabiskan anggaran yang tidak menguntungkan bagi rakyat dan daerah.

Seperti hasil koreksi yang dilakukan Anggota DPRD Palas baru-baru ini, dari Rp975.321.439.396 hanya Rp93 miliar lebih yang dialokasikan untuk belanja modal. Sedangkan yang lainnya banyak digunakan untuk anggaran sia-sia.

Seperti ditemukannya di salah satu OPD yang menggunakan 5 unit mobil, tetapi memakai jasa driver sebanyak 25 orang, belum lagi beberapa OPD yang menganggarkan biaya untuk TKS yang tidak sesuai dengan data riil orang yang bekerja dalam instansi tersebut.

Sehingga, rasionalisasi sebanyak Rp51 miliar lebih yang dilakukan DPRD Palas merupakan tindakan yang terpuji dan bahkan diminta untuk lebih giat lagi dalam pembahasan anggaran agar lebih jeli dan aktif.

Hal itu demi terwujudnya cita-cita UU No. 38 tentang Pembentukan Kabupaten Padanglawas serta visi misi Bupati dan Wakil Bupati Padanglawas periode 2019-2024 yang dituangkan dalam RPJMD dan dianggarkan lewat APBD serta diwujudkan lewat pelaksanaan di lapangan. (a30/B)

Baca juga:

  • Bagikan