KNIA Terapkan Layanan Customer Service Virtual  - Waspada

KNIA Terapkan Layanan Customer Service Virtual 

  • Bagikan

DELISERDANG (Waspada): Pihak manajemen PT.Angkasa Pura II (Persero) Bandar Udara Internasional Kualanamu Deliserdang menerapkan layanan customer service virtual atau VICA (Virtual Customer Assistant).

Hal ini merupakan salahsatu upaya perusahaan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di bandara, sekaligus memberikan layanan yang optimal melalui kenyamanan berinteraksi dengan petugas customer service di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Executive General Manager (EGM)  PT AP II Kualanamu Djodi Prasetyo menyatakan hal itu kepada Waspada,Senin (13/4). Disebutkannya, layanan customer service virtual ini merupakan salah satu wujud penerapan physical distancing di bandara, selain pengaturan jarak minimal satu sampai dua meter di area publik bandara.

Sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. “Peluncuran layanan ini juga bentuk upaya perusahaan untuk membuat pengguna jasa bandara tetap merasa nyaman ketika berinteraksi dengan petugas bandara di tengah situasi pandemi seperti ini,” paparnya.

Djodi menambahkan interaksi antara pengguna jasa dengan petugas customer service dilakukan melalui layar monitor yang disediakan.

Untuk membantu memberikan kemudahan bagi para penumpang dalam menggunakan layanan ini, telah disediakan panduan penggunaan layanan pada layar monitor TV yang berada di gerai customer service. Penerapan layanan ini dilakukan selama masa tanggap darurat Covid-19 berlangsung.

Untuk jumlah titik lokasi layanan customer service virtual Di Bandar Udara Internasional Kualanamu, terdapat 3 titik layanan customer service virtual di terminal penumpang yaitu area terminal keberangkatan, area terminal kedatangan dan ruang FIDS (Flight Information Display System) sebagai host atau petugas Customer Service yang standby menunggu pengguna jasa yang join atau bertanya seputaran info penerbangan, interaksi atau bertanya langsung ke petugas customers service melalui 3 cara. Ketiga cara itu menggunakan aplikasi zoom meeting, Indonesia InAiport Apps di mana aplikasi tersebut harus di-download atau instal terlebih dahulu dan melalui Website PT. Angkasapura II (Persero). Interaksi komunikasi tele-converence dapat dilakukan baik dari rumah atau di bandara.

“Dengan dihadirkannya layanan customer service virtual ini, kami berharap pengguna jasa bandara dapat terlayani dengan nyaman dan tanpa rasa khawatir ketika berhadapan dengan petugas customer service kami,” pungkasnya. (m29/C)

  • Bagikan