Waspada
Waspada » KMDT Gelar Rapat Kerja Nasional Pertama Di Balige
Sumut

KMDT Gelar Rapat Kerja Nasional Pertama Di Balige

Pembukaan Ralernas KMDT pertama di Labersa Toba Hotel, Jumat (9/4/). KMDT Gelar Rapat Kerja Nasional Pertama Di Balige. Waspada Ramsiana Gultom.
Pembukaan Ralernas KMDT pertama di Labersa Toba Hotel, Jumat (9/4/). KMDT Gelar Rapat Kerja Nasional Pertama Di Balige. Waspada Ramsiana Gultom.

TOBA (Waspada) : Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama di Labersa Toba Hotel Balige, Kab. Toba, Sumut, Jumat (9/4/).

Ketua Umum KMDT, Edison Manurung dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung KMDT selama ini terlebih dalam konsep pengembangan program KMDT serta sinergisitas kerja sejak terbentuk pada tahun 2019 lalu.

“Rakernas pertama ini kita menekankan pada asfek pengorganisasian rencana strategis, anggaran keuangan serta pembahasan isu-isu nasioal dan lokal yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba. Selesai Rakernas kita akan melaporkan hasil Rakernas ini serta hasil kajian-kajian tim perumus KMDT termasuk rekomendasi untuk menutup seluruh keramba yang ada di Danau Toba. Rekomendasi penutupan keramba di Danau Toba akan kita serahkan kepada Presiden RI Joko Widodo,” ujar Edison disambut tepuk tangan peserta Rakernas.

Lanjut Edison, KMDT hadir dari masyarakat dan untuk masyarakat, oleh karena itu KMDT melakukan inventarisasi permasalahan Danau Toba dan mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Dalam rapat kerja nasional ini juga akan dilakukan penyerahan bea siswa kepada 100 mahasiswa dari Universitas Terbuka (UT) lewat kerjasama yang dibangun KMDT dengan Rektor UT, penyerahan KUR hasil kerjasama dengan Bank BRI dan BNI kepada 20 pengusaha UMKM se kawasan Danau Toba.

“Semoga Rakernas ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan pemikiran dan program kerja yang akan dilaksanakan oleh KMDT ke depannya,” pungkas Edison.

Ketua KMDT Kabupaten Toba, Effendi P.Napitupulu mengharapkan agar melalui KMDT ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM sehingga unggul di bidang kepariwisataan, ekonomi kerakyatan melalui koperasi dan UMKM, lingkungan hidup, dan pemberdayaan melalui pelatihan sehingga nantinya memberi manfaat bagi masyarakat Danau Toba secara berkelanjutan.

“KMDT ini dibentuk untuk meningkatkan pariwisata Danau Toba, dengan mendorong terciptanya SDM unggul yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Kiranya, lewat Rakernas pertama ini, KMDT akan tumbuh sebagai organisasi yang kokoh dan penopang perkembangan pariwisata Danau Toba,” imbuh Effendi.

Rakernas KMDT pertama ini juga dilakukan secara virtual zoom yang diikuti oleh Menteri Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki, Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno, Menteri Perindustrian RI, Dr.Agus Gurmiwang Kartasasmita, Ketua MPR RI, H.Bambang Soesatyo, Gubernur Sumut,Edy Rahmayadi, Direktur BPODT, Jimmy Bernardo Panjaitan, Ketua DPRDSU, Drs.Baskami Ginting, dan Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak.

Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki mengucapkan selamat atas pelaksanaan Rakernas KMDT pertama secara virtual  “Rakernas pertama KMDT ini semoga bermanfaat serta mampu menghasilkan keputusan terbaik untuk pengembangan UMKM dan pariwisata  Danau Toba hingga terkenal ke seluruh dunia,” ujar Teten Masduki.

Rakernas KMDT ditandai dengan pemukulan gondang sambilan oleh Ketua Umum KMDT, Edison Manurung didampingi Ketua DPRD Sumut, penasehat KMDT H.Hutahayan, Ketua KMDT Kab.Toba dan beberapa tokoh KMDT lainnya. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2