Waspada
Waspada » KIPAS IX Tahun 2020 Diundur Sementara Waktu
Pendidikan Sumut

KIPAS IX Tahun 2020 Diundur Sementara Waktu

SMK Negeri 1 Percut Seituan Jl.Kolam Desa Medan Estate Kecamatan Percut Seituan. KIPAS IX Tahun 2020 diundur sementara waktu. Waspada/Khairul K Siregar
SMK Negeri 1 Percut Seituan Jl.Kolam Desa Medan Estate Kecamatan Percut Seituan. KIPAS IX Tahun 2020 diundur sementara waktu. Waspada/Khairul K Siregar

PERCUT SEITUAN (Waspada) : KIPAS IX Tahun 2020 diundur sementara waktu. Ajang tahunan pelaksanaan Kompetisi Inspirasi Paskibra Satuan (KIPAS) IX tahun 2020 yang seyogianya dilaksanakan pada bulan Oktober ini diundur sementara sampai batas waktu yang ditentukan.

Hal itu dikatakan Ketua panitia KIPAS IX tahun 2020 Surya Dharmawan, di SMK Negeri 1 Percut Seituan Jl. Kolam Desa Medan Estate Kecamatan Percut Seituan, Rabu (5/8).

Surya menjelaskan, KIPAS atau Kompetisi Inspirasi Paskibra Satuan adalah sebuah ajang kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan meningkatkan kedisiplinan dan mutu paskibra yang berada di satuan sekolah masing-masing guna menciptakan generasi muda yang handal dalam ketahanan fisik dan mental spiritual.

Kegiatan tersebut biasanya diikuti beberapa sekolah se Sumbagut dari mulai tingkat SD hingga SLTA/sederajat dengan beberapa mata lomba seperti gerak jalan, lomba tata upacara pengibaran bendera, lomba yel-yel kreasi, peraturan baris berbaris.

Untuk tingkat SLTP masing-masing Lomba formasi pengibaran bendera, Lomba variasi baris berbaris dan Lomba tari komando. Sedangkan untuk tingkat SLTA/sederajat masing-masing Lomba formasi pengibaran bendera, Lomba variasi baris berbaris dan tari komando. Sedangkan dewan juri yang melakukan penilaian setiap mata lomba berasal dari prajurit TNI.

Karena COVID-19, KIPAS Terpaksa Diundur Sementara

Namun karena kondisi dunia saat ini termasuk Indonesia sedang dilanda suatu musibah yakni pandemi COVID-19, kegiatan tahunan tersebut terpaksa diundur sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

“Ya karena kita sedang dilanda musibah pandemi COVID-19, kegiatan KIPAS yang tahun ini memasuki tahun ke sembilan terpaksa diundur sementara dari jadwal semula bulan Oktober sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian.” kata Surya.

Surya juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan pemberitahuan tentang diundurnya kegiatan KIPAS tahun ini kepada masing-masing sekolah yang tiap tahun mengirimkan peserta.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Percut Seituan Drs Kasni, M.Pd melalui Wakasek Bidang Kesiswaan Drs Sukirman. Menurut Sukirman, ditundanya pelaksanaan KIPAS tahun 2020 ini adalah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 khususnya di lingkungan sekolah.

“Sesungguhnya kegiatan ini baik dalam upaya meningkatkan dan membentuk siswa menjadi berkarakter dan disiplin serta bertanggungjawab, tetapi kita juga tidak ingin gara-gara kegiatan KIPAS ini peserta yang datang dari berbagai daerah se Sumbagut khususnya siswa kita terpapar COVID-19. Oleh karenanya demi kebaikan kita bersama kegiatan KIPAS tahun ini yang seyogianya pada bulan Oktober mendatang kita tunda sementara sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian,” kata Sukirman.(a14/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2