Khenoki - Era Era Unggul Pada Pilkada Nias Barat

Khenoki – Era Era Unggul Pada Pilkada Nias Barat

  • Bagikan
Ketua Tim Pemenangan Paslon Khera, Hermit Hia, SIP saat memberikan keterangan pers kepada Waspada.id, Sabtu (12/12). Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua
Ketua Tim Pemenangan Paslon Khera, Hermit Hia, SIP saat memberikan keterangan pers kepada Waspada.id, Sabtu (12/12). Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua

LAHOMI, Nisbar (Waspada):  Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1 Khenoki Waruwu dan Era Era Hia (Khera) unggul dan meraih suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Nias Barat yang digelar pada 9 Desember 2020 kemarin.

Ketua Tim Pemenangan Paslon No. Urut 1 Khera, Hermit Hia, S.IP, Sabtu (12/12) kepada Waspada.id menegaskan, Paslon Khera mengungguli perolehan suara atas rivalnya Paslon No. Urut 2 Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua.

“Sesuai hasil C1 yang kita himpun dari saksi di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS), Paslon Khera meraih suara terbanyak dan mengalahkan perolehan suara dari Paslon Elyunus Waruwu dan Mareko Zebua (Elmar),” ujar Hermit Hia.

Menurut mantan Wakil Bupati Nias Barat tersebut, dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Nias Barat, Paslon Khenoki – Era Era berhasil mendulang suara sebanyak 20.150 suara atau 52,56 % dari 38.340 jumlah suara sah.

Sedangkan Paslo Elyunus Waruwu dan Mareko Zebua, hanya dapat mendulang suara pada Pilkada sebanyak 18.190 suara atau 47,44 % dari 38.340 jumlah suara sah.

“Kita akui jika dari delapan kecamatan di Nias Barat, pasangan Khenoki dan Era Era menang di enam kecamatan,” terangnya.

Keenam kecamatan di mana Khenoki dan Era Era mendulang suara terbanyak masing masing Kecamatan Sirombu sebanyak 3.198 suara atau 60,32 %, Lahomi 2.321 suara atau 54,41 %, Mandrehe 5.061 suara atau 50,34 %, Mandrehe Barat 1.900 suara atau 54,21 %, Moro,o 2.955 atau 65,89 %, dan Kecamatan Ulu Moro,o sebanyak 1.405 atau 54,84 %.

Sedangkan dua kecamatan lainnya, Pasangan Khenoki dan Era Era kalah, yakni Kecamatan Mandrehe Utara 1.793 suara atau 45,85 % dan Kecamatan Lolofitu Moi 1.517 suara atau 30,69 %.

Menanggapi pernyataan atau klaim dari  Ketua DPD Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Sumatera Utara Djarot yang menyebutkan jika pasangan Elmar adalah pemenang pada Pilkada Nias Barat, Hermit Hia mengatakan itu sah-sah saja dan kemungkinan laporan yang diterima dari daerah belum lengkap dan valid.

Hermit Hia hanya memastikan jika hasil C1 yang telah mereka himpun dari semua saksi di seluruh TPS tidak akan jauh berbeda hasilnya dari hasil Rapat Pleno  pada tingkat kecamatan yang sedang digelar hari ini.

“Pak Djarot sah-sah saja mengklaim Paslon  Elmar menang pada Pilkada Nias Barat, tetapi menurut saya mungkin beliau mendapat data yang salah atau anggota dibawah terburu buru menyampaikan data,” ujar Hermit Hia.

Untuk diketahui, pasangan Khenoki – Era era  yang maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat memiliki visi misi Bersih, Unggul dan Maju dengan prinsip pemerintahan  Melayani Bukan Dilayani.

Paslon Khera pada Pilkada Kabupaten Nias Barat tahun ini diusung oleh Partai Hanura yang memiliki 4 kursi dan PAN yang memiliki 1 kursi di DPRD Nias Barat serta didukung Partai Berkarya. (a26/B).

 

 

  • Bagikan