Ketua PWI Karo, Dairi, Pakpak Bharat Kecam Pembunuhan Wartawan

  • Bagikan
KETUA PWI Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Justianus Purba didampingi Sekretaris Jaya Surbakti SE dan Bendahara Theopilus Sinulaki di Kantor PWI Karo, kecam pembunuhan wartawan. Waspada/Ist
KETUA PWI Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Justianus Purba didampingi Sekretaris Jaya Surbakti SE dan Bendahara Theopilus Sinulaki di Kantor PWI Karo, kecam pembunuhan wartawan. Waspada/Ist

TANAH KARO (Waspada): Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Justianus Purba mengecam keras dan prihatin atas penembakan yang menyebabkan tewasnya Mara Salem Harahap, pimpinan redaksi media online Lassernewstoday.com oleh OTK, Sabtu (19/6) di Karang Anyar Kabupaten Simalungun.

Demikian disampaikan dalam siaran persnya didampingi Sekretaris Jaya Surbakti SE dan Bendahara Theopilus Sinulaki di Kantor PWI Karo, Dairi dan Pakpak Bharat di Jalan UKA, Kecamatan Kabanjahe, Senin (21/6).

Justianus berharap, Polda Sumut dan Polres Simalungun segera mengungkap siapa dalang dan otak pelaku atas peristiwa pembunuhan itu. Apa lagi peristiwa itu telah memasuki hari keempat.

Dikatakan, kekerasan terhadap wartawan terus terjadi, padahal menurut Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers telah menjamin kemerdekaan untuk mencari, mengumpulkan dan memberitakan informasi dan wartawan dalam melaksanakan tugasnya mendapatkan perlindungan hukum. “Hukum kepada pelaku diberikan seberat-beratnya sebagai efek jera,” tegas Ketua PWI Karo, Dairi dan Pakpak Bharat.

Namun diharapkanya, PWI Karo, Dairi dan Pakpak Bharat dan para pewarta tetap bekerja profesional sesuai kaidah jurnalistik dengan mewartakan faktual dan berimbang. Pekerja jurnalistik itu, kata dia, pekerja mulia untuk menginformasikan berbagai peristiwa di dunia. Selain itu juga wartawan berperan untuk mensejahterakan masyarakat dengan menyampaikan berita membangun, edukasi atau mendidik, menghibur juga membangkitkan semangat cinta Tanah Air.

Lebih lanjut Justianus mengimbau para wartawan agar dalam melaksanakan tugas peliputan berita supaya tetap mematuhi Kode Etik Jurnalistik dan tetap mengutamakan keselamatan jiwa. Sebagaimana surat edaran Dewan Pers nomor : 02/P_DP/VI/2021 tentang meninggalnya Pemimpin Redaksi Lassernewstodays.com tanggal 19 Juni 2021.(c02).

Baca juga:

Komunitas Wartawan Humbahas Kecam Pembunuhan Marsal Harahap 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.