Waspada
Waspada » Ketua Komnas PA Apresiasi Kinerja Kapolres Simalungun
Sumut

Ketua Komnas PA Apresiasi Kinerja Kapolres Simalungun

Ketua Komnas PA Indonesia, Aris Merdeka Sirait disambut hangat Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo, dalam satu pertemuan silaturahmi di kantor Sat Lantas Polres Simalungun, Sabtu (31/10).

SIMALUNGUN (Waspada): Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) Indonesia, Arist Merdeka Sirait, mengapresiasi kinerja Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo, atas kreatifitas membuat Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi Horas Paten.

Apresiasi itu disampaikan Arist Merdeka saat melaksanakan silaturahmi di Kantor Satuan Lalulintas Polres Simalungun, jalan Sangnaualuh Pematangsiantar, Sabtu (31/10).

Dia menilai aplikasi Horas Paten yang diluncurkan tersebut sebagai sikap dan tindakan tegas Kapolres Simalungun dalam menyikapi seluruh  permasalahan yang ada.

Dikatakan, sikap dan tindakan tegas dalam penanganan perkara sudah ditunjukkan AKBP Agus Waluyo saat menjabat sebagai Kapolres Tobasa.

Tidak ada negosiasi kepada para pelaku kejahatan terhadap perempuan dan anak sudah terbukti.

” Saya sudah melihat bagaimana kinerja beliau dalam menangani penanganan perkara pencabulan terhadap anak dibawah umur waktu itu, tidak ada negosiasi kepada beliau, dan professional juga ditunjukan olek pak Kapolres sampai kepada Kasat dan para penyidik untuk menyelesaikan perkara tersebut sampai ke Pengadilan, salut buat Pak Agus,” ujar Arist Merdeka.

Menurut Arist, pertemuan dengan Kapolres Simalungun bukan kali pertama. Dia mengaku sebelumnya sudah pernah bertemu.

Bahkan  sering berkomunikasi melalui telepon terkait penanganan perkara anak di wilayah Polres Tobasa.

Begitupun saat AKBP Agus menjabat sebagai Kapolres Simalungun, tetap konsisten  dalam memberikan perhatian terhadap anak-anak yang ada di wilayah hukum Polres Simalungun.

Menurutnya lagi, peluncuran inovasi pelayanan public melalui Aplikasi Horas Paten merupakan  gagasan atau pun ide cermelang yang dihasilkan oleh Kapolres.

Ini menujukkan profesional Polri terhadap pelayanan masyarakat benar-benar ditunjukan, karena melalui aplikasi ini masyarakat dapat melaporkan kejadian yang dilihat serta yang dialami masyarakat secara langsung, dengan menggunakan Aplikasi Panic Button yang disediakan didalamnya.

Masyarakat juga dapat menerima informasi-informasi yang akurat yang disajikan oleh personil Polres Simalungun, seperti perkembangan Covid-19, jalur-jalur alternative lalulintas ketika terjadinya kemacetan.

Dikatakan, menu yang paling membantu dirinya sebagai Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) adalah masyarakat dapat melaporkan secara langsung kejadian-kejadian tindak pindana perlindungan Perempuan dan Anak.

” Ini menu yang paling berharga bagi kami selaku Komnas Perlindungan Anak, sehingga secara tidak langsung membantu saya juga dapat melihat perkembangan tentang perlindungan anak dimanapun berada. Diharapkan kepada masyarakat untuk mendowload Aplikasi Horas Paten di Playstore,” kata Arist.

Usai bersilaturahmi rombongan Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) Indonesia, Aris Merdeka Sirait bersama para pengurus lainnya diajak Kapolres Simalungun untuk melihat Command Center yang dimiliki oleh Polres Simalungun serta diberi kesempatan untuk melihat simulasi penggunaan aplikasi Horas Paten, mulai dari penggunaan menu Panic Button menerima pengaduan sampai penanganan atas aduan masyarakat. Hal ini guna mewujudkan Polri yang Promoter, Profesional, Modern serta Terpercaya diera digital.(a27)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2