Waspada
Waspada » Kesadaran Masyarakat Terhadap Prokes COVID-19 Di P.Sidimpuan Masih Rendah
Sumut

Kesadaran Masyarakat Terhadap Prokes COVID-19 Di P.Sidimpuan Masih Rendah

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Meski sudah berulang kali dianjurkan agar mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes ) COVID-19, namun Kesadaran masyarakat terhadap Prokes di pusat perbelanjaan Pasar Raya Sangkumpal Bonang, Kota P.Sidimpuan masih tergolong rendah.

Pantauan Waspada, Sabtu (31/10), hanya sebagian kecil konsumen atau masyarakat yang belanja di pusat pasar tersebut yang menggunakan masker sebagai alat pelindung diri untuk tidak tertular atau menyebarkan COVID-19.

Selain, konsumen yang mengabaikan anjuran pemerintah untuk selalu gunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak, para pedagamng juga terlihat banyak yang tidak menggunakan masker saat melayani pembeli.

Bahkan sebagian diantara pedagang yang pada awalnya memakai masker, namun saat melayani atau bertransaksi dengan konsumen, masker yang menutup mulut dan hidung diturunkan kedagu.Begitu juga dengan sebagian pembeli.

Kemudian terlihat pembeli dengan pegadang maupun sesama masyarakat yang sedang berbelanja di Pasar Raya Sangkumpal Bonang P.Sidimpuan maupun dipelatarannya tidak menjaga jarak.

Kondisi ini diperparah dengan jarak antara kios pedagang di pusat perbelanjaan tersebut sangat dekat sehingga ketika masyarakat yang sedang belanja berpapasan sulit untuk menghindari tidak berdekatan.

Ketidak patuhan terhadap Prokes ini juga terjadi di Pasar Pajak Batu P.Sidimpuan yang berjarak ratusan meter dari Pasar Sangkumpal Bonang.Begitu juga di Jalan Thamrin dan sekitarnya yang menjadi lokasi pedagang kaki lima.

Penomena ini menunjukkan tingkaat kesadaran masyarakat terhadap Prokes COVID-19 masih tergolong rendah sehingga menjadi tantangan bagi Gugus Tugas Penanganan COVOD_19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.(a39).

Ket. Fhoto :

Pedagang dan pembeli dipelataran Pasar Raya Sangkumpal Bonang P.Siidmpuan abaikan Prokes dengan tidak gunakan masker. Waspada/Mohot Lubis

Masyarakat yang belanja di Jalan Thamrin sekitar Pasar Raya Samgkumpal Bonang sedag transaksi tanpa gunakan masker. Waspada/Mohot Lubis..

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2