Kerugian Banjir Bandang Batang Lubu Sutam Mencapai Rp39 Miliar

  • Bagikan
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padanglawas Amit Hadi Nasution, SH. (Waspada/Ist)
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padanglawas Amit Hadi Nasution, SH. (Waspada/Ist)

PALAS (Waspada): Banjir bandang yang telah memporak-porandakan ratusan rumah warga dan merusak sarana fasilitas umum di Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padanglawas (Palas) Provinsi Sumatera Utara, ditaksir mengakibatkan kerugian mencapai Rp39.543.050.000.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palas, Amit Hadi Nasution SH, kepada Waspada.id, menyampaikan hal itu atas dampak musibah banjir yang terjadi tepat malam pergantian tahun, Sabtu (31/12) lalu.

Amit Hadi menyebutkan, sesuai data terbaru kerugian tersebut berupa 560 unit rumah warga rusak ringan, rusak sedang 62 unit dan 131 unit rumah warga rusak berat.

Kemudian, terdapat juga fasilitas umum yang rusak. Seperti, jalan kabupaten ruas Mondang-Pinarik, Jembatan ambruk, saluran irigasi, Penerangan jalan umum (PJU), tiang listrik tumbang dan termasuk 2 unit kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua mencapai 50 unit yang mengalami kerusakan.

Sementara di bidang sosial terdapat kerusakan pada fasilitas kesehatan berupa Puskesmas Pembantu (Pustu) dan 1 unit sekolah taman kanak-kanak (TK) dan 1 unit sekolah dasar (SD) dengan kerusakan ringan dan berat di beberapa ruangan begitu juga dua unit bangunan masjid.

Seterusnya, pada bidang ekonomi produktif seperti pertanian terdapat 22 hektare sawah rusak berat dan 106 hektare rusak ringan. Bidang peternakan dengan kerugian mencapai Rp127.300.000 dan bidang perikanan dengan kerugian mencapai Rp175.150.000.

Amit Hadi Nasution menambahkan, Pemkab Palas saat ini, dalam membantu pemulihan pasca banjir telah merencanakan biaya untuk perbaikan rumah warga yang rusak dengan estimasi biaya, rumah dengan kerusakan berat Rp81 juta, rusak sedang Rp54 juta dan rusak ringan dengan biaya Rp27 juta perunit rumah

Selain itu, Kepala BPBD Palas juga menyampaikan terimakasih kepada semua lapisan masyarakat, ASN dan perusahaan yang telah turut membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. (CMS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *