Waspada
Waspada » Kepatuhan Prokes Minim, JBMI Tapsel Sosialisikan AKB Dan Bagikan Masker
Kesehatan Sumut

Kepatuhan Prokes Minim, JBMI Tapsel Sosialisikan AKB Dan Bagikan Masker

Anggota Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI ) Tapsel saat memasangkan masker kepada warga dalam kegiatan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru di Pasar Kelurahan Sigalangan. Kepatuhan Prokes minim, JBMI Tapsel sosialisikan AKB dan bagikan masker. Waspada/Ist
Anggota Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI ) Tapsel saat memasangkan masker kepada warga dalam kegiatan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru di Pasar Kelurahan Sigalangan. Kepatuhan Prokes minim, JBMI Tapsel sosialisikan AKB dan bagikan masker. Waspada/Ist

TAPSEL (Waspada): Tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan (Prokes) di sebagian wilayah Tapanuli Selatan (Tapsel) masih minim, mendorong DPD Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) Tapsel sosialisasikan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dan bagikan masker.

“Kita dapat melihat langsung warga yang memakai masker sangat sedikit sekali,” ujar Ketua DPD JBMI Tapsel, Rizki Guruh Syahputra Pohan didampingi Sekretaris, Mhd. Fauzi Tampubolon dan Koordinator JBMI Wilayah Tabagsel, Zainal Muluk Parinduri di Padangsidimpuan, Sabtu (17/10).

Dikatakan, dalam sosialisasi itu mereka tidak melakukan pengumpulan massa, namun mereka bersama Muslimat JBMI mendatangi warga, seperti di lokasi pasar atau ke rumah-rumah warga sembari membagikan masker.

Kemudian menekankan perlunya membiasakan pemakaian masker, mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun atau memakai hand sanitizer dan menjaga jarak serta sedapat mungkin menghindari keramaian.

Pada Jumat (15/10) kemarin, kata Rizki, mereka melaksanakan sosialisasi di Pasar Batang Toru, Kecamatan Batang Toru, termasuk ke Ponpes Ahmad Basyir di Parsariran, kemudian di Kelurahan Sigalangan, Kecamatan Batang Angkola.

Kata Rizki, masyarakat cukup antusias terhadap kegiatan peduli sosial DPD JBMI Tapsel tersebut terutama dalam pembagian masker gratis, 4000 masker habis terbagikan kepada warga di dua kecamatan itu.

Sosialisasi AKB dan pembagian masker gratis tersebut merupakan program DPD JBMI Tapsel yang baru terbentuk beberapa bulan lalu. Hal itu dilakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penekanan angka penyebaran pandemi Covid-19 dan meningkatkan kepatuhan Prokes.

Sesuai arahan Ketua Umum DPP JBMI H. Albiner Sitompul, ujar Rizki lagi, JBMI di daerah menjadi pelopor bagi masyarakat dengan program kerja yang nyata, tanpa mengesampingkan semangat Ukhuwah Islamiah dalam mempererat tali silaturrahim.

Dia berharap kegiatan JBMI sebagai ormas keagamaan yang akan terus berlanjut tersebut dapat menekan penyebaran Virus Corona dan senantiasa Indonesia khususnya Tapsel terbebas dari Pandemi COVID-19.(a31)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2