Waspada
Waspada » Kepala BKD: ASN Jaga Netralitas Pada Pilkada Toba
Sumut

Kepala BKD: ASN Jaga Netralitas Pada Pilkada Toba

Kepala BKD Kabupaten Toba, Kasten Panjaitan. Waspada/IST

TOBA (Waspada) : Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kasten Panjaitan mengingatkan seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Toba agar menjaga netralitas pada pelaksanaan Pilkada Toba yang akan digelar 9 Desember 2020 nanti.

Hal ini disampaikan Kasten Panjaitan saat dikonfirmasi, Selasa (1/9).

Selaku Polisinya ASN yang bekerja memantau kinerja ASN, BKD dalam hal ini mempedomani PP No. 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

“Dengan tegas dalam PP No.53 tahun 2010 tersebut dituangkan larangan dan sanksi tegas terhadap ASN yang tidak netral atau terlibat praktis dalam proses pemilihan,” ujar Kasten.

Dalam penegasan PP 53 tersebut, BKD dalam melakukan evaluasi dan monitoring terhadap ASN yang melanggar aturan terkait dengan pemberian dukungan terhadap salah atau pasangam calon harus dapat dibuktikan dengan data dan bukti bukti yang akurat.

“Jika terbukti, maka akan ditindak tegas berupa penjatuhan hukuman disiplin sesuai aturan yang diatur pada PP 53 tersebut. Bisa berupa sanksi keras, sedang dan ringan,” imbuhnya.

Salah satu contoh tindakan yang disebut melanggar PP no.53 adalah melaksanakan kampanye, mengarahkan ASN lainnya kepada salah satu calon dengan bukti rekaman baik berupa rekaman suara, gambar dan video.

Selain PP No.53 tahun 2010, dasar penegasan netralitas ASN juga berdasarkan Surat Edaran dari Kemendagri.

Pihaknya bekerjasama dengan Bawaslu akan melakukan pemantauan keterlibatan ASN secara praktis dalam pelaksanaan Pilkada Toba.

“Surat tersebut sudah kita sosialisasikan lewat rapat rapat kerja, bahwa ASN harus netral dalam setiap penyelenggaraan Pemilu, Pileg dan Pilkada. Pengawasan sudah kita mulai sekarang tapi akan lebih kita maksimalkan jika sudah memasuki tahapan pendaftaran pasangan calon,” tegas Kasten.

Kasten juga berharap agar kinerja ASN tidak terganggu dengan proses Pilkada yang berlangsung di Kabupaten Toba.

“Kinerja masing masing SKPD harus dipertahankan, bahkan pada kesempatan inilah seharusnya ditunjukkan netralitas ASN tersebut. Dengan tegas kita himbau agar menghindari kumpul kumpul pada jam kerja dan mengutamakan pekerjaan sebagai ASN,” tegas Kasten. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2