Waspada
Waspada » Kemenag DS Keluarkan Panduan Ibadah Ramadhan Dan Shalat Ied
Sumut

Kemenag DS Keluarkan Panduan Ibadah Ramadhan Dan Shalat Ied

 

LUBUKPAKAM (Waspada) : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Deliserdang mengeluarkan surat edaran tentang panduan pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Deliserdang H.Tolibun Pohan,SAg,MSi mengatakan hal itu melalui Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Deliserdang Suhardi Harahap,SAg,MM Jum’at (9/4).

Suhardi Harahap (foto) menjelaskan surat edaran Nomor 87 Tahun 2021 tertanggal 8 April 2021tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 dikeluarkan berdasarkan surat edaran Menteri Agama RI Nomor SE.03 Tahun 2021 tanggal 5 April 2021.

Dalam surat edaran itu antara lain disebutkan bahwa dalam hal berbuka puasa bersama tetap dilaksanakan harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan.

Pengurus Masjid/Mushalla dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah antara lain shalat fardhu 5 waktu, shalat tarawih dan witir, tadarus Alqur’an serta I’ikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas ruangan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak 1 meter antara satu dengan lainnya.

Terkait dengan kegiatan lain seperti pengajian, ceramah selama bulan suci Ramadhan, Suhardi mengatakan dapat dilaksanakan dengan durasi waktu selama 15 menit, begitu juga dengan pelaksanaan Nuzulul Qur’an di Masjid/Mushalla dapat dilakukan dengan jumlah hadirin atau audiens paling banyak 50% dari kapasitas ruangan dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pengurus dan pengelola Masjid/Mushalla wajib menunjuk petugas yang memastikan penerapan protokol kesehatan dan mengumumkannya kepada seluruh jamaah agar memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan di pintu masuk serta jamaah diimbau untuk membawa sajadah masing-masing”tegas Suhardi.

Sedangkan yang berkaitan dengan Shalat I’ed, Suhardi mengatakan bahwa hal itu dapat dilaksanakan di Masjid atau lapangan terbuka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat kecuali jika perkembangan Covid-19 semakin negatif berdasarkan pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah masing- masing.

“Atas nama keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Deliserdang kami mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1442 H/2021 M dengan tetap mematuhi protokol kesehatan semoga segala amal ibadah yang kita lakukan di bulan suci ini dapat diterima Allah Swt”kata Suhardi. (a14/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2