Waspada
Waspada » Kecamatan Sunggal Raih Tunggul Kecamatan Terbaik Deliserdang Tahun 2020
Headlines Sumut

Kecamatan Sunggal Raih Tunggul Kecamatan Terbaik Deliserdang Tahun 2020

BUPATI Deliserdang H Ashari Tambunan menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Kabupaten Deliserdang Tahun 2020 kepada Camat Sunggal Ismail di halaman Kantor Bupati Deliserdang di Lubukpakam, Kamis (17/12). Kecamatan Sunggal Raih Tunggul Kecamatan Terbaik Deliserdang Tahun 2020. Waspada/Khairul K Siregar
BUPATI Deliserdang H Ashari Tambunan menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Kabupaten Deliserdang Tahun 2020 kepada Camat Sunggal Ismail di halaman Kantor Bupati Deliserdang di Lubukpakam, Kamis (17/12). Kecamatan Sunggal Raih Tunggul Kecamatan Terbaik Deliserdang Tahun 2020. Waspada/Khairul K Siregar

LUBUKPAKAM (Waspada) : Sebagai perpanjangan tangan Kepala Daerah, Camat harus benar-benar mengetahui tugas pokok dan fungsinya sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah daerah di wilayahnya melalui kepamongannya.

Hal ini penting karena keberhasilan Camat dalam tugas dan fungsinya menjalankan tupoksinya adalah gambaran keberhasilan Pemerintah Daerah secara keseluruhan. Begitu juga sebaliknya apabila Camat dan jajarannya tidak memiliki jiwa kepemimpinan dan kepamongan maka itulah potret suram pemerintah di mata masyarakat.

Hal itu ditegaskan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan pada acara penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Kabupaten Deliserdang Tahun 2020 sekaligus penyerahan penghargaan kepada Kepala Desa yang tepat waktu dalam penyaluran BLT Dana Desa serta penyerahan tali asih kepada Atlet dan pelatih yang berprestasi di halaman Kantor Bupati Deliserdang di Lubukpakam, Kamis (17/12).

Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Kabupaten Deliserdang Tahun 2020 dan penyerahan penghargaan kepada Kepala Desa yang tepat waktu dalam penyaluran BLT Dana Desa serta tali asih kepada atlet dan pelatih berprestasi itu dihadiri Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein, Staf Ahli, Asisten dan pimpinan SKPD.

Bupati mengulang kembali bahwa sosok Camat itu diibaratkan seperti seorang paman, orangtua yang senantiasa memiliki perhatian, kepedulian dan kepekaan terhadap anggota keluarganya dalam hal ini warga kecamatannya.

“Saudara harus tanggap terhadap situasi dan perkembangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Rajin turun ke lapangan untuk memastikan bahwa kegiatan pembangunan, tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan berjalan dengan baik. Ingat bahwa kepatuhan itu dibuktikan melalui karya dan kerja nyata,” tegas Bupati mengingatkan.

Pada bagian lainnya, Bupati juga mengatakan dalam upaya mempersipkan kemandirian keuangan Kabupaten Deliserdang sekaligus mengantisipasi berkurangnya dana transfer ke daerah, kita harus melakukan berbagai terobosan melalui berbagai kebijakan dengan melakukan beberapa perubahan aturan yang akan menjadi landasan hukum.

Pertama, Perubahan Peraturan Bupati yang mengatur Pelimpahan Kewenangan kepada Camat agar para Camat memiliki legalitas dan porsi kewenangan yang lebih besar dengan mengikutsertakan Kepala Desa dan Lurah di wilayahnya.

Kedua, mengambil kebijakan dengan mengeluarkan Peraturan Bupati tentang Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN).

Ketiga, Peraturan Bupati tentang Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah yang diikuti pembentukan Tim Optimalisasi terintegrasi dengan melakukan penguatan melalui penambahan personel Seksi Trantib Kecamatan yang bertugas membantu melaksanakan pengawasan bagi pendataan potensi guna intensifikasi dan ekstensifikasi PAD yang lebih optimal didukung tehnologi informasi berbasis aplikasi yang dapat dimanfaatkan melalui pusat pelayanan terpadu administrasi Kecamatan.

“Untuk memberhasilkan ini semua, maka jawabannya adalah kerja keras dan kesungguhan kita semua khususnya Camat, Kepala Desa dan Lurah karena sesungguhnya di tangan kalianlah tumpuan dan kemandirian Kabupaten Deliserdang ini,” kata Bupati

Kepada para Camat yang menerima Tunggul Kecamatan Terbaik, Bupati menyampaikan ucapan selamat dan mengingatkan bahwa keberhasilan yang diperoleh ini bukan tujuan akhir akan tetapi harus menjadi pendorong untuk bekerja yang lebih baik dan terus berkarya. Kepada Camat yang belum berhasil, Bupati mengingatkan untuk segera berbenah diri untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada.

Begitu juga kepada Kepala Desa yang telah bekerja dengan baik dalam menyalurkan BLT tepat sasaran. Sedangkan kepada para atlet Bupati mengucapkan selamat atas keberhasilan dan prestasi yang diraih untuk mengharumkan nama Kabupaten Deliserdang.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Tahun 2020 masing-masing terbaik 1 – 3 Kecamatan Sunggal disusul Pancurbatu, Delitua. Harapan 1 – 3 Kecamatan Percut Seituan, Lubuk Pakam dan Kecamatan STM Hulu.

Kepala Desa yang menerima penghargaan atas penyaluran BLT Dana Desa dengan baik dan tepat waktu masing-masing Kades Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjungmorawa Sumber Edi Susiswo, Kades Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau Santoso, Kades Beringin Kecamatan Beringin Aldriansyah, Kades Kelapa Satu Kecamatan Galang Mukhtar, Kades Sei Semayang Kecamatan Sunggal Edy Zulfikar, Kades Patumbak II Kecamatan Patumbak Bambang Suherman, Kades Batu Penjemuran Kecamatan Namorambe Martinus Ginting, Kades Kedai Durian Kecamatan Delitua Zainul Akhyar, Kades Sambirejo Timur Kecamatan Percut Seituan Joko Susilo dan Kades Sena Kecamatan Batangkuis Bayu Anggara.

Sedangkan atlet berprestasi dan pelatih masing-masing diberikan kepada Muhammad Dijey Lexsie (peraih medali emas Cabang Olahraga Karate pada International de Karate 2019 Belgia), Sofyan ( peraih medali Perunggu Cabang olahraga Tenis Meja pada ITF Asian Para Table Tennis Championship 2019), Rizka Andini (peraih medali emas Cabang Olahraga Pencak Silat pada Pra PON XX 2019 Jakarta), Apriani Br Tarigan peraih medali Perunggu Cabang Olahraga Atletik pada POMNAS XVI 2019 Jakarta).

Kemudian Dicky Herfiansyah Lubis (peraih medali perunggu cabang olahraga Panahan pada POPNAS 2019 Jakarta), Budi Hartono (peraih medali perak Cabang Olahraga Catur pada Pra PION 2019 Kabupaten Karo), Dea Puspita (peraih Medali Emas cabang olahraga Pencak Silat pada Pospenas VIII 2019 Jawa Barat), Susilawati (peraih Medali Emas Cabang Olahraga Tenis Meja pada Kejurnas NPCI 2019 Solo), Hamdani (pelatih olahraga Tenis Meja pada Kejuaraan NPCI 2019 Solo) dan H Bambang Widowasono (pelatih Cabang olahaga Pencak Silat pada Pospenas VIII 2019 Jawa Barat). (a14/a01/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2