Keberagaman Gender Terbukti Berperan Penting Sukseskan Tambang Emas Martabe - Waspada

Keberagaman Gender Terbukti Berperan Penting Sukseskan Tambang Emas Martabe

  • Bagikan
Food Biodiversity Entrepreneur yang juga Pendiri Javara dan Sekolah Seniman Pangan, Helianti Hilman dan General Manager Operations PT. AR Rahmat Lubis (kanan) bersama peserta acara puncak perayaan Hari Kartini 2021 yang digelar PT. AR secara virtual. Keberagaman Gender Terbukti Berperan Penting Sukseskan Tambang Emas Martabe Waspada/ist
Food Biodiversity Entrepreneur yang juga Pendiri Javara dan Sekolah Seniman Pangan, Helianti Hilman dan General Manager Operations PT. AR Rahmat Lubis (kanan) bersama peserta acara puncak perayaan Hari Kartini 2021 yang digelar PT. AR secara virtual. Keberagaman Gender Terbukti Berperan Penting Sukseskan Tambang Emas Martabe Waspada/ist

 

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Keberagaman gender yang diterapkan PT Agincorut Resources (AR) dalam mengelola tambang Tambang Emas Martabe Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan terbukti memiliki peran pentin dalam keberhasilan yang diraih perusahaan tersebut.

“Tambang Emas Martabe, memastikan seluruh karyawan mendapatkan kesempatan berkarya dan kontribusi yang sama, tanpa memandang gender,” kata Senior Manager Corporate Communications PT. AR Katarina Siburian Hardono, Jumat (23/4).

Katarina menjelaskan, keberagaman gender tersebut telah menjadi topik pada puncak perayaan Hari Kartini 2021 di Tambang Emas Martabe yang digelar secara virtul pada 21 April 2021 dengan tema ‘The Future Has No Gender’.

Sebagai pembicara dalam puncak peringatan Hari Kartini Tahun 2021 tersebut, PT AR menghadirkan Food Biodiversity Entrepreneur yang juga Pendiri Javara dan Sekolah Seniman Pangan, Helianti Hilman dan General Manager Operations PT. AR Rahmat Lubis dengan moderator Indra Bekti.

Kesuksesan penerapan keberagaman gender di perusahaan kami, ungkapnya, sejalan dengan nilai-nilai inti yakni GREAT (Growth, Respect, Action, Excellence, dan Transparancy).

“Pendekatan keberagaman gender yang sukses, memungkinkan PT. AR menjadi perusahaan yang lebih baik, sehingga mampu terus berkontribusi tak hanya secara internal tapi juga memberikan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan,” tutur Katarina.

Berdasarkan laporan tahunan PT. AR Tahun 2020, menunjukkan bahwa hingga akhir tahun lalu dari seluruh total karyawan, 26% di antaranya merupakan perempuan bahkan hingga menduduki posisi manajemen, direktur, dan komisaris.

Sebagaiman diungkapkan Chief Operation Officer (COO) PT. AR Darryn McClelland dalam peringatan Hari Kartini bahwa keberagaman gender mampu menyokong perusahaan untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan.

Berbagai alasan ini pula yang membuat manajemen PT. AR berkomitmen untuk terus berupaya menciptakan lingkungan kerja yang ramah gender di Tambang Emas Martabe

Dalam riset International Labour Organization (ILO) pada Juni 2020, berjudul Melangkah Menuju Keberhasilan, disebutkan bahwa 77% perusahaan yang disurvei di Indonesia sepakat bahwa keberagaman gender membantu meningkatkan capaian hasil usaha mereka.

Dari perusahaan yang disurvei itu, lanjut Katarina didapatkan sebanyak 66% melaporkan kenaikan profitabilitas dan produktivitas, sejalan dengan kreativitas, inovasi dan keterbukaan yang lebih baik. Survei itu sendiri melibatkan 416 perusahaan.

General Manager Operations PT. AR Rahmat Lubis menambahkan bahwa keberagaman gender di PT. AR didukung dengan berbagai kebijakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang ramah gender, seperti Kebijakan Anti Pelecehan dan Kode Praktik Mengelola Batasan Kerja Terkait Kehamilan.

“Tidak ada toleransi terhadap pelecehan di Martabe. Kebijakan Anti Pelecehan ini penting sebagai upaya untuk menghapus stigma, diskriminasi, intimidasi, dan ancaman di tempat kerja. Kami pun secara rutin mengadakan pelatihan pemahaman keberagaman gender sepanjang tahun, khususnya pada perayaan Hari Kartini,” kata Rahmat.

Terkait dengan kode praktik mengelola batasan kerja khususnya kehamilan, PT AR mengizinkan mereka bekerja hingga mendekati masa persalinan serta cuti hamil dan melahirkan selama 4 bulan bagi karyawan perempuan dan selama 2 minggu bagi karyawan laki-laki juga Kebijakan Laktasi.

Operator Gold Room, Processing PT. AR Siti Rahma menyebutkan, keberagaman gender di Tambang Emas Martabe telah membuatnya mampu meningkatkan kapasitas dan kepercayaan dirinya.

Sebagai operator Gold Room, Siti telah memiliki pengetahuan mengenai pertambangan khususnya di pabrik pengolahan. Siti juga mengaku pekerjaannya telah membantu meningkatkan perekonomian keluarga.(a39).

 

  • Bagikan