Waspada
Waspada » Kebakaran Lahan Di Gunungsitoli
Sumut

Kebakaran Lahan Di Gunungsitoli

kebakaran lahan di Gunung Sitoli
Petugas pemadam kebakaran bersama warga berjuang keras memadamkan api yang membakar lahan milik warga di Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa, Jumat (28/2). (Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua)

GUNUNGSITOLI (Waspada): Kebakaran lahan milik warga terjadi di Gunungsitoli Lahan  diduga akibat musim kemarau yang melanda Kota Gunungsitoli dan sekitarnya beberapa minggu terakhir, Jumat  (28/2).

Kebakaran lahan di Gunungsitoli milik warga yang diperkirakan seluas 2,5 hektar terjadi di Desa Niko’otano Dao, Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Kota Gunungsitoli.

Beruntung kebakaran lahan tidak sempat meluas karena petugas pemadam kebakaran dibantu warga langsung bertindak memadamkan api.

Yusgo Telaumbanua, salah seorang petugas pemadam kebakaran membenarkan peristiwa terbakarnya lahan milik warga di Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa.

“Kebun warga yang terbakar berada di Dusun II dan IV, Desa Niko,otano Dao, Kecamatan Gunungsitoli Alo,oa,” terang Yusgo.

Menurut Yusgo, mereka mendapat info ada kebakaran lahan sekira pukul 12.30 Wib, sehingga petugas pemadam kebakaran langsung turun ke lapangan melakukan pemadaman.

Berhasil Dipadamkan

Tim pemadam Kebakaran turun dengan membawa 3 unit mobil damkar dibantu 1 unit mobil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), 1 unit mobil Dalmas dan 2 unit mobil Satuan Polisi Pamong Praja.

“Setelah kita terjun langsung, api yang membakar lahan warga berhasil dipadamkan dalam waktu singkat dan tidak ada rumah warga yang terbakar maupun warga yang terluka,” Ujar Yusgo.

Soni salah seorang warga mengaku jika kebakaran lahan terjadi akibat cuaca panas dan angin kencang yang terjadi dalam beberapa minggu ini di Kota Gunungsitoli.

Untung petugas pemadam kebakaran cepat datang dan dibantu Babinsa Ramil 01/Gunungsitoli, personil Polisi Sektor Alo,oa dan warga, sehingga api cepat padam dan tidak meluas.

“Api yang membakar lahan warga berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.30 Wib, dan di perkirakan kebun warga yang terbakar luasnya kurang lebih 2,5 hektar,” ujar Soni.(a25/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2