Karo Siap Laksanakan Vaksinasi Booster

  • Bagikan
KABID Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Karo, Arie O Lopiga saat memberikan keeterangan di ruang kerjanya.Waspada/Micky Maliki
KABID Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Karo, Arie O Lopiga saat memberikan keeterangan di ruang kerjanya.Waspada/Micky Maliki

TANAH KARO (Waspada): Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Karo, Arie O Lopiga di kantornya Jl. Selamat Ketaren, Kec. Kabanjahe, Kamis (13/1), menyatakan, Kabupaten Karo telah memenuhi syarat dan siap untuk melaksanakan vaksinasi booster dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Dijelaskan Arie, kriteria untuk bisa melaksanakan vaksinasi booster yakni, 70 persen cakupan masyarakat umum telah divaksin dosis pertama dan 60 persen untuk lansia. Sementara itu Karo sendiri telah memvaksin 90,62 persen cakupan masyarakat untuk dosis pertama dan 69,98 persen dosis kedua, sehingga Kabupaten Karo telah memenuhi syarat untuk pelaksanaan vaksinasi Booster.

Namun ia menjelaskan, pihaknya masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai vaksin booster dan masih melakukan percepatan untuk vaksin dosis kedua dan vaksin anak usia 6 sampai 11 tahun yang saat ini telah mencapai 53,89 persen. “Sampai saat ini masih tahap sosialisasi, dan kita akan lakukan percepatan untuk vaksin dosis dua dan vaksin anak,” jelas Arie.

Sementara itu, vaksin booster tahap pertama ini di targetkan untuk masyarakat yang minimal enam bulan telah mendapatkan vaksin dosis kedua dan berusia 18 tahun ke atas. Atau yang berhak mendapatkan vaksin booster adalah yang telah mendapatkan vaksin dosis dua minimal enam bulan dan untuk tahap pertama ini masih 18 tahun ke atas, tambahnya.

Sementara itu, untuk strategi pencapaian target vaksinasi, pemerintah akan melakukan percepatan dan berkordinasi dengan TNI-Polri. Dimana, untuk percepatan itu kita siapkan jadwalnya, kita siapkan vaksinator dan logistiknya, apabila perlu tambahan vaksinator, akan kita tambah, jelasnya.(c02).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *