Waspada
Waspada » Kapolres Humbahas Launching Kampung Tangguh
Sumut

Kapolres Humbahas Launching Kampung Tangguh

 

DOLOKSANGGUL (Waspada): Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas) AKBP Ronny Nicolas Sidabutar secara resmi launching kampung tangguh di Desa Parsingguran II, Kec. Pollung, Kab. Humbahas, Sumatera Utara, Rabu (24/2).

Kegiatan louncing kampung tangguh itu ditandai penguntingan pita oleh Kapolres didampingi Camat Pollung, Parman Lumban Gaol, Kepala Desa, serta tokoh masyarakat desa setempat.

Kapolres, dalam kesempatan itu menjelaskan, kampung tangguh yang baru saja diresmikan tadi merupakan program prioritas Kapolri dalam pemantapan dukungan Polri terhadap penanganan Covid-19. Mendukung hal tersebut, pihak Nakes melalui Puskesmas setempat untuk aktif melakukan 3T (Testing, Tracing, Treatment) serta tetap laksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Ronny memaparkan, kampung tangguh bertujuan sebagai wilayah penghasil pangan bahkan sebagai penggerak masyarakat untuk penanganan Covid-19, kejahatan lainnya, (narkoba dan radikalisme).

Dalam konsep kampung tangguh, lanjut Ronny, bahwa semua harus berperan aktif termasuk aparatur kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtimas. “Kampung tangguh ini diluncurkan untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat khususnya Desa Parsingguran II,” ujarnya.

Diuraikan, ketahanan pangan diterapkan melalui konsep “urban farming”. Di lahan yang cukup terbatas akan bercocok tanam sayuran hingga ternak. “Kami mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat Desa Parsingguran II yang mendukung terbentuknya kampung tangguh sebagai wilayah penghasil pangan serta wilayah pemutus mata rantai penyebaran dan pencegahan Covid-19. Kampung tangguh ini diharapkan menjadi solusi di bidang ekonomi, sosial dan keamanan sehingga memacu semangat gotongroyong,” tukasnya.

Melalui pendirian kampung tangguh, katanya, masyarakat akan dapat pendidikan bahaya radikalisme dan pentingnya toleransi keberagaman di masyarakat.  “Dalam kampung tangguh, kami menerapkan konsep problem oriented policing. Jadi Bhabinkamtibmas dibantu Babinsa untuk mengajarkan cara menyelesaikan masalah yang berorientasi seperti sistem dalam kepolisian,” ungkapnya.

Mantan Kasat Resnarkoba Polrestabes Medan itu menyampaikan, rencananya, kedepan akan ada 26 kampung tangguh di Kabupaten Humbahas. Kampung tangguh tersebut diproyeksikan menjadi penghasil pangan, memutus mata rantai penyebaran Covid dan pencegahan dan penanggulangan kejahatan lainnya, yakni narkoba dan radikalisme. (cas)

Ket Foto: KAPOLRES Humbahas, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH,. SIK,. MH secara simbolik menggunting pita launching kampung tangguh di Desa Parsingguran II, Pollung. Waspada/Ist.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2