Waspada
Waspada » Kali Ketiga, Pemkab Batubara Sampaikan LKPD
Sumut

Kali Ketiga, Pemkab Batubara Sampaikan LKPD

BUPATI Batubara Ir. H. Zahir, M.AP saat menyerahkan LKPD. Kali Ketiga, Pemkab Batubara Sampaikan LKPD. Waspada/Ist
BUPATI Batubara Ir. H. Zahir, M.AP saat menyerahkan LKPD. Kali Ketiga, Pemkab Batubara Sampaikan LKPD. Waspada/Ist

LIMAPULUH (Waspada): Pemkab Batubara di bawah pimpinan Bupati/Wakil Bupati Zahir-Oky sampaikan Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD).

Hal itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor: 58 Tahun  2005 dan Nomor: 8 Tahun 2006 Tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah sebagai bentuk pertanggung jawaban Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD).

“Tahun 2021 ini, kali ketiga bagi pemerintahan kami mengantarkan LKPD, sebagaimana peraturan berlaku sebagai bentuk pertanggungjawaban APBD,” sebut Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP didampingi Sekdakab H. Sakti Alam Siregar, SH dan Kepala BPKAD, Hakim ketika melaporkan keuangan daerah, Rabu (24/3).

Zahir tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Tim Badan Periksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara yang tetap turun ke Kabupaten Batubara walau di tengah pandemi Covid 19.

Di tahun 2019, dari laporan hasil pemeriksaan BPK, jumlah temuan sistem pengendalian internal sebanyak empat temuan. Hal ini sudah ditindaklanjuti tiga temuan dan satu lagi belum selesai. Untuk temuan kepatuhan ada lima, sudah ditindaklanjuti tiga temuan.

Sedangkan jumlah rekomendasi pada Sistem Pengendalian Internal (SPI) sebanyak 13 poin. Satu diantaranya belum selesai karena masih dalam penyiapan yakni Peraturan Daerah Penyertaan Modal PDAM Tirtatanjung atas surat yang diserahkan Kementerian PUPR.

Menurut Bupati Zahir, tahun ini LKPD dikerjakan sendiri tanpa pihak ketiga selama 70 hari, di dalamnya terdapat tujuh laporan yang terdiri dari realisasi anggaran sebesar Rp1.179.671.470.386.82, laporan perubahan saldo anggaran, neraca, laporan operasional, arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan.

Dalam kaitan ini Pemkab Batubara akan terus berusaha secepatnya menyelesaikan poin yang belum terselesaikan, tegas Bupati.(a18)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2