Waspada
Waspada » Kadisdik DS Sosialisasi Desa Satu
Sumut

Kadisdik DS Sosialisasi Desa Satu

KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang H Timur Tumanggor memberikan motivasi kepada Kepala Sekolah dan guru sekaligus sosialisasi Desa Satu saat kunjungan di SD Negeri 105288 Sei Rotan Kecamatan Percut Seituan, Kamis (8/10). (Waspada/Khairul K Siregar/B)

PERCUT SEITUAN (Waspada) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang H Timur Tumanggor,S.Sos,M.AP berkunjung ke SD Negeri 105288 Sei Rotan Kecamatan Percut Seituan sekaligus melakukan sosialisasi tentang Desa Satu kepada Kepala Sekolah dan guru, Kamis (8/10).

Dihadapan kepala Sekolah dan para guru, Kadisdik Deliserdang H Timur Tumanggor menjelaskan Desa Satu (Deliserdang Sekolah Bermutu) adalah kolaborasi atau gabungan dari program Percepatan rehabilitasi dan apresiasi terhadap sekolah (Cerdas), Opung Sari Basah Bang (Operasi pungut sampah setiap hari Bank sampah pembinaan berjenjang) serta program MeSRA Bertuah (Mewujudkan Sekolah Ramah anak Bersama orangtua dan masyarakat sekolah).

Program ini pada tahun 2020 mendapatkan penghargaan Top 99 Inovasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi kemudian menjadi Top 45 dan mendapatkan reward Rp.15 miliar.

“Keberhasilan ini tentunya menjadi suatu langkah kerjasama yang baik dengan masyarakat khususnya masyarakat pendidikan. Kegiatan ini juga merupakan sosialisasi kepada seluruh Kecamatan dan Insya Allah Deliserdang Sekolah Bermutu (Desa Satu) bisa terwujud sesuai yang diinginkan”kata H Timur.

Timur juga mengungkapkan bahwa Desa Satu juga merupakan bentuk aktualisasi visi pembangunan Kabupaten Deliserdang dibawah kepemimpinan Bupati H Ashari Tambunan bersama Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar yakni menjadikan Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan sehingga harus ditafsirkan dengan langkah kongkrit.

Deliserdang Sekolah Bermutu (Desa Satu) lanjut Timur, juga memiliki arti bahwa sekolah nantinya dapat menerapkan 8 standar nasional pendidikan terhadap mutu kwalitas tenaga pendidik, anak didik yang juga menjadi tujuan ke depan.

Kepada para Kepala Sekolah dan guru, dalam kesempatan itu H Timur juga memotivasi untuk menciptakan dan tetap menjaga lingkungan sekolah agar terlihat asri dan indah sejalan dengan program Pemkab Deliserdang yakni Deliserdang Berseri (bersih, rapi, sejuk, rindang dan indah) serta terus berkreasi.

“Mudah-mudahan ini bisa ditularkan ke sekolah lainnya di Kabupaten Deliserdang karena tidak menutup kemungkinan masih ada sekolah yang belum menerapkan Berseri. Walaupun dalam pandemi Covid-19 seperti ini anak didik tidak diperkenankan belajar tatap muka di sekolah tetapi belajar melalui daring, luring maupun home visit. Pastilah dengan kondisi demikian kurikulum pendidikan tidak tercapai 100 persen”harap H Timur.

Dalam kunjungan sekaligus sosialisasi Desa Satu itu, Kadis Pendidikan H Timur Tumanggor meninjau beberapa ruangan antara lain ruang kerja Kepala Sekolah, ruang belajar siswa, ruang guru dan taman sekolah.

H Timur kagum terhadap kebijakan sekolah yang memiliki kreatifitas dengan memperindah seluruh ruangan dan taman sekolah di sekitarnya sehingga terlihat asri dan tentu hal ini membuat siswa nyaman dalam menyerap materi pembelajaran.

Ia berharap apa yang dilakukan Kepala SD Negeri 105288 ini dapat menjadi contoh bagi sekolah lainnya untuk menjadikan sekolah yang asri.

Sementara itu, Kepala SD Negri 105288 Sei Rotan Tuning Rahmawati dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih dan bangga atas kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang.

“Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami atas kunjungan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang ke Sekolah ini, mudah-mudahan arahan yang disampaikan dapat kami laksanakan dengan baik sesuai harapan”kata Tuning Rahmawati.

Kepala Desa Sei Rotan Suwandi MS yang turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan apresiasi kepada Kepala SD Negeri 105288 Tuning Rahmawati yang telah berkreasi memoles sedemikian rupa sekolah tersebut sehingga terlihat asri.

“Mari sama-sama kita dukung program pemerintah menjadikan daerah khususnya SD Negeri 105288 Sei Rotan ini menjadi Berseri”ajak Suwandi. (a14/B)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2