Waspada
Waspada » Kabupaten Karo Raih Opini WTP
Sumut

Kabupaten Karo Raih Opini WTP

Waapada/Ist Ketua BPK Perwakilan Medan, Eydu Oktain Panjaitan saat menyerahkan LKPD kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana

TANAH KARO (Waspada): Kabupaten Karo meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Medan dan ini menjadi catatan sejarah.

Prestasi Opini WTP diraih Pemerintah Kabupaten Karo diketahui setelah Kepala BPK Perwakilan Medan Eydu Oktain Panjaitan, SE, MM, Ak CA, CSFA menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana SH. MH, Senin (29/6) Jln. Imam Bonjol Medan.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH. MH kepada Waspada Selasa (30/6) di Kabanjahe menyebutkan, kriteria Pemerintah Daerah mendapatkan Opini WTP, setidaknya memenuhi empat indikator yang menjadi faktor penentu.

Ke empat indikator ini: 1. penentuan Opini WTP harus didasarkan pada kesesuaian dengan indikator tersebut, 2. pengungkapan informasi di laporan keuangan harus jelas dan detail, 3. keefektifan sistem pengendalian internal dan 4. pelaksanaan anggaran harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Indikator inilah yang dinilai BPK Perwakilan Medan sebagai penentu sehingga Pemkab Karo mendapat Opini WTP, sebab Pemkab Karo masih berada dititik aman (ambang batas kewajaran).

BPK Perwakilan Medan berharap, untuk tahun-tahun berikutnya, LKPD tersebut dapat dipertahankan dan menjadi lebih baik tanpa ada catatan, kata Eydu ditirukan Bupati Terkelin.

Menurut BPK Perwakilan Medan kata Terkelin Brahmana, Pemkab Karo meraih Opini WTP merupakan sebuah catatan sejarah karena baru kali ini, WTP itu dapat diraih dan warga Karo harus bangga dengan catatan itu, katanya.

Dengan raihan prestasi seperti ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana tentunya merasa gembira, kendatipun harus ekstra memanage teamnya meminimalkan paparan COVID-19 menjadi nol, agar Kabupaten Karo kembali ke zona hijau.

Prestasi ini, menurut Terkelin tentu atas kerjasama seluruh Organisasi Perangkat Daerah, khususnya Inspektorart saat sekarang ini (Philemon Brahmana) dalam bekerja ditambah komunikasi yang baik antara Pemda karo dengan BPK.

Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan yang dihubungi Waspada mengatakan, cukup bangga dengan prestasi yang diraih Pemkab Karo atas penilaian BPK Perwakilan Medan mengenai LKPD tahun anggaran 2019 tentang predikat opini WTP. Predikat ini sudah naik satu tingkat dari WDP (Wajar Dengan Pengecualian).

Prestasi yang diperoleh Pemda Karo tidak terlepas dengan hasil kordinasi yang baik dengan DPRD Karo, sesuai catatan di BPK belum pernah ada sejarahnya kepemimpinan Bupati Karo, memperoleh opini WTP selain masa Terkelin Brahmana, dan ini harus dipertahankan dan ditingkatkan, jelasnya.

Hadir ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Kepala Inspektorat Philemon Tarigan, Kadis DPKPAD Andreasta Tarigan, Sekwan Kab. Karo Petrus Ginting, Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana. (a06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2