Waspada
Waspada » Juliadi Dan Amir Hamzah Unggul PSU Di TPS 3 Berngam
Headlines Sumut

Juliadi Dan Amir Hamzah Unggul PSU Di TPS 3 Berngam

Pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 03 Kelurahan Berngam, Kec. Binjai Kota.Waspada/Riswan Rika
Pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 03 Kelurahan Berngam, Kec. Binjai Kota.Waspada/Riswan Rika

BINJAI (Waspada) : Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai No. urut 3 Juliadi dan Amir Hamzah unggul mutlak pada Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 Kelurahan Berngam, Kec. Binjai Kota, Sabtu (12/12).

Menurut Ketua Bawaslu Binjai, Arie Nurwanto melalui Divisi Pelanggaran Pemilu, Lailatus Sururiyah, PSU ini dilakukan akibat adanya pelanggaran pasal 59 ayat 2 huruf e PKPU 8 tahun 2018, terkait dengan pemilihan.

Sebab saat Pilkada serentak 9 Desember, terbukti ada dua warga yang tidak terdaftar dalam DPT, menggunakan hak suaranya dengan menggunakan C6 pemberitahuan milik orang lain sehingga dilakukan pemilihan ulang di TPS 003 di Kelurahan Berngam, Kec. Binjai Kota. Pemungutan suara ulang pemilihan kepala daerah dimulai pukul 07.00 WIB TPS

Sesuai daftar pemilih tetap (DPT) TPS 3 Kelurahan Berngam terdapat 402 pemilih. Saat pelaksanaan pemilihan ulang 262 mempergunakan hak pilih. Ternyata hanya 260 suara sah dan dua suara batal. Padahal pilkada 9 Desember ada 304 warga menggunakan hak pilihnya dan 22 warga lainnya menggunakan hak pilih dengan menggunakan KTP.

Dari hasil perhitungan suara saat PSU No. urut 1 pasangan Rahmat Sori Alam/Usman Jafar memperoleh 11 suara, pasangan nomor urut dua, Lisa Andriani dan Sapta Bangun memperoleh 38 suara dan pasangan nomor urut tiga, Juliadi dan Amir Hamzah unggul mutlak dengan mendapat 211 suara.(a.12/C)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2