Waspada
Waspada » Jual Menu Bukaan Online, Bisnis Menguntungkan Ditengah Covid-19
Sumut

Jual Menu Bukaan Online, Bisnis Menguntungkan Ditengah Covid-19

GUNUNGTUA (Waspada) : Tahun ini, pelaksanan bulan puasa terasa berbeda dengan tahun-tahun belumnya, dikarenakan pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Namun, masih banyak warga yang mencari berkah di bulan ramadhan ini meskipun dilanda virus corona, salah satunya penjual menu bukaan secara online.

Amatan Waspada, dengan adanya peraturan pemerintah terkait social distancing sehingga membuat banyak orang sulit keluar dan menemukan makanan.

Ditengah anjuran pemerintah tersebut, memaksa para pedagang menu bukaan puasa harus memutar otak agar tetap bisa berjualan.

Seperti yang dilakukan Santi Siregar, warga Kelurahan Pasar Gunungtua. Meski tetap menggelar dagangannya di depan rumah, namun ia lebih fokus pada penjualan sistem pesan antar.

Melalui media sosial facebook dan aplikasi pesan elektronik whatsApp, ia menawarkan dagangannya mulai dari makanan dan minuman, seperti sop buah, bubur, sum-sum, salad buah dan lainnya.

Untuk harga yang ditawarkan per porsinya bervariasi, mulai Rp5.000 hingga 15.000, dan pembayaran dilakukan setelah pesanan sampai di tempat.

“Banyak macaman menu yang kita tawarkan dan harganya terjangkau, paling mahal Rp15.000 per porsinya. Kita biasanya open order mulai dari siang. Untuk orderan di sekitar Pasar Gunungtua biaya antarnya kita kasih gratis, kalo diluar sekitaran Pasar Gunungtua biaya antarnya Rp2000 sampai Rp5.000,” kata Santy.

Penjual online lainnya, Ony Siregar. Ia mengaku semenjak berjualan menu bukaan secara online ini dangannya sangat laris dibanding berjualan dipinggiran jalan.

“Alhamdulillah jualannya laris. Lebih banyak komsumen delivery, dibanding datang membeli langsung. Gak salah saya beralih ke sistem delivery di musim Corona ini,” ungkapnya.

Hal senada juga Reinata Fitri Harahap pedagang bukaan khusus gulai. Untuk per harinya ia bisa mendapat omzet sebanyak Rp500 ribu dari hasil delivery nya.

“kita khusus menu bukaan lauk dan gulai. Seperti ayam panggang, ikan goreng, mie, holat, rendang, sayur, dan lainnya. Sistemnya diantar,” terang Reinata. (a29/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2