Jenazah Terkonfimasi Covid-19 Dimakamkan Di Parpea - Waspada

Jenazah Terkonfimasi Covid-19 Dimakamkan Di Parpea

  • Bagikan
KAPOLSEK Lintongnihuta, AKP Delianto Habeahan bersama anggota dan tim gugus membantu proses pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid di Desa Sibuntuon Parpea. Waspada/Ist
KAPOLSEK Lintongnihuta, AKP Delianto Habeahan bersama anggota dan tim gugus membantu proses pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid di Desa Sibuntuon Parpea. Waspada/Ist

 

DOLOKSANGGUL (Waspada): Jenazah terkonfirmasi Covid-19, Sunggu Siregar, 84, dimakamkan di Desa Parpea, Kec. Lintongnihuta, Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. Demikian disampaikan Camat Lintongnihuta, Rahmat Lumban Toruan saat dikonfirmasi Waspada.id via selulernya, Kamis (29/7) malam.

Dikatakan bahwa warga Desa Parpea itu adalah pasien yang sempat dirawat di RSUD Tarutung. Namun, pada Kamis (29/7) siang, pasien meninggal dunia di RSUD Tarutung dengan terkonfirmasi Covid. “Informasi kita dapat, almarhum Sunggu Siregar sempat dirawat di RSUD Tarutung. Karena meninggal dengan terkonfirmasi Covid, jenazah dibawa ke tempat asalnya di Desa Parpea, Kecamatan Lintongnihuta dan langsung dimakamkan di pemakaman keluarga sekitar pukul 18:30 WIB,” ujarnya.

Dijelaskan, pemakamam jenazah terkonfirmasi Covid itu dilakukan oleh tim gugus kecamatan dan tim gugus desa setempat serta dibantu Kapolsek Lintongnihuta, AKP Delianto Habeahan bersama anggotanya. Proses pemakaman tersebut berjalan lancar tanpa penolakan dari warga setempat.

Untuk pencegahan penyebaran Covid di daerah tersebut, sambung Rahmat, tim gugus sudah melakukan tracing kepada warga setempat dan rapid test antigen kepada keluarga almarhum. Sementara, saat ini, dari hasil rapid test antigen, istri almarhum, Br. Sihombing dinyatakan postif Covid.

Lanjut Rahmat, bahwa kondisi Covid di Kecamatan Lintongihuta sudah tingkat mengkhawatirkan. Untuk itu, warga diminta waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. “Sejauh ini, sudah ada 10 jenazah terkonfirmasi Covid dimakamkan di Kec. Lintongnihuta. Jenazah tersebut termasuk dari luar daerah yang berasal dari Lintongnihuta. Untuk pencegahan penyebaran Covid, kita mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktifitas di luar rumah,” ujarnya.

Katanya lagi, melalui tim gugus Covid, pihaknya melalui PPKM sudah mengimbau peniadaan kegiatan pesta adat yang mengundang kerumuman. “Dengan bertambahnya kasus terkonfirmasi Covid, kita sangat berharap masyarakat semakin sadar dan waspada terhadap penyebaran Covid,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah, Kapolsek Lintongnihuta AKP Delianto Habeahan membenarkan pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid di Wilkum Polsek Lintongnihuta, atas nama Sunggu Siregar.

Dijelaskan pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid itu melibatkan dirinya bersama personel Polsek Lintongnihuta. “Dengan perlengkapan baju hazmat, kita turut membantu proses pemakaman jenazah di pemakaman keluarga di Desa Sibuntuon Parpea, Kec. Lintongnihuta. Proses pemakaman berjalan lancar tanpa penolakan dari warga sekitar,” tandasnya. (cas)

 

  • Bagikan