Jembatan Runtuh Di Dolok Merawan Akan Segera Dibangun - Waspada

Jembatan Runtuh Di Dolok Merawan Akan Segera Dibangun

  • Bagikan

DOLOKMERAWAN (Waspada): Jembatan runtuh akibat longsor (abrasi) yang menghubungkan Dusun IV dan Dusun V Desa Dolok Merawan Kec.Dolok Merawan Kab.Serdang Bedagai (Sergai) juga menghubungkan antar dua Kabupaten yakni Kab.Sergai dan Kab.Simalungun akan segera dibangun Pemkab Sergai.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan didampingi Kadis PUPR Johan Sinaga saat meninjau jembatan yang runtuh, Senin (22/11) kemarin sore.

“ Jembatan ini runtuh karena ada bencana banjir sehingga menyebabkan jembatan putus , tak hanya jembatan yang putus tapi juga ada beberapa rumah yang terkena banjir. saya datang untuk mengecek langsung di lokasi,” ujar Adlin Tambunan.

Kedatangan Pemerintah Kabupaten lanjut Wabup, ke Desa Dolok Merawan bukan hanya sekedar memberi bantuan, tapi juga untuk mencari solusi agar jembatan tersebut segera diperbaiki dan Dusun tersebut tidak terisolir lagi.

“ Terkait jembatan yang terdampak longsor ini Insya Allah dalam waktu dekat akan segera dilakukan proses pelelangan dan dibangun jembatan yang baru, panjang jembatannya sepanjang 15 meter dan lebarnya 6 meter ,” pungkas Adlin Tambunan.

Ditambahkan Bupati, proses lelang jembatan itu akan dilakukan pada bulan Desember 2021, sedangkan pembangunan akan dimulai pada Januari 2022 ketika sudah selesai proses lelang, sehingga setelah tiga bulan pekerjaan maka jembatan sekaligus jalan tersebut sudah bisa digunakan karena sudah di aspal.

Menurut Wabuo, Desa Dolok Merawan harus bebas dari banjir, oleh karena itu penanganan banjir di Desa tersebut harus bagus sehingga tidak terjadi hal serupa lagi.

“Airnya sudah surut tapi kami datang memberikan bantuan,sebagai bukti bahwa Pemerintah hadir dan turut merasakan kesusahan masyarakat Dolok Merawan ,” sebut Adlin Tambunan.

Kepela Desa Dolok Merawan Pujiono mengatakan jembatan yang runtuh di Dusun IV terjadi pada malam hari saat banjir, tingga debit air membuat areal sekitar jembatan longsor mengakibatkan jembatan runtuh yang terjadi, terjadi hari Minggu dinihari sekitar pukul 02:00.

“ Curah hujan yang terlalu deras mengakibatkan debit air sungai tinggi yang juga berdampak terhadap sekitar 20 Kepala Keluarga (KK) terkena dampak banjir di Dolok Merawan ini,” jelas Pujiono. (a15/B)

Keterangan Foto:

Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan didampingi Kadis PUPR Johan Sinaga saat meninjau jembatan runtuh akibat longsor di Dusun IV Desa Dolok Merawan Kec.Dolok Merawan, Senin (22/11) sore, jembatan tersebut akan segera dibangun pihak Pemkab Sergai.(Waspada/Istimewa).

  • Bagikan