Waspada
Waspada » Jembatan Gantung Desa Pagaran Mompang Rusak Parah
Headlines Sumut

Jembatan Gantung Desa Pagaran Mompang Rusak Parah

Kondisi Jembatan Gantung Desa Pagaran Mompang, Kecamatan Lubuk Barumun, Kab. Padanglawas yang rusak parah. Waspada/Ist
Kondisi Jembatan Gantung Desa Pagaran Mompang, Kecamatan Lubuk Barumun, Kab. Padanglawas yang rusak parah. Waspada/Ist

PALAS (Waspada) : Jembatan gantung Desa Pagaran Mompang dalam keadaan rusak parah saat ini dan membahayakan warga yang melintas.

Jembatan gantung yang melintang di atas Sungai Barumun Desa Pagaran Mompang Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padanglawas (Palas) merupakan akses utama warga untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan rakyat mengalami kerusakan yang cukup parah.

Informasi yang dihimpun, Rabu (29/7) menyebutkan, jembatan gantung sepanjang 120 meter tersebut dibangun pada 2012, kini sudah sangat mengkhawatirkan untuk dilintasi.

Sejumlah papan yang menjadi lantai jembatan sudah lapuk dimakan usia dan bahkan sebagian diantaranya sudah tidak berlantai lagi.

Agar bagian lantai jembatan yang mengalami kerusakan dapat dilewati, dengan suka rela warga meletakkan papan berukuran 4 meter sebagai penyambung lantai yang terputus dan dijadikan sebagai pijakan kaki saat melewatinya.

Muhammad Aman, 35, warga setempat mengatakan jembatan gantung itu sudah sangat menghawatirkan untuk dilewati.

Selain lantai yang lapuk, seling penopang yang berfungsi sebagai penahan goncangan jembatan sudah putus, sehingga sangat menyusahkan warga saat melintasinya, namun karena jembatan gantung itu merupakan akses utama menyebabkan warga terpaksa melewatinya.

Sedangkan hasil perkebunan yang diangkut melalui jembatan gantung tersebut sedikitnya 20 ton kelapa sawit dan satu ton karet setiap harinya.

Selain itu hasil pertanian berupa padi maupun hasil tanaman palawija juga banyak, bahkan puluhan ton pada saat musim panen.

Kepala Desa Pagaran Mompang Muklas Parmata Daulay mengatakan, sejak dibangun pada 2012 lalu, jembatan gantung tersebut belum pernah direhabilitasi ataupun memperoleh perawatan.

Katanya, aparat desa bersama warga pernah bermusyawarah untuk memperbaiki jembatan gantung tersebut dengan menggunakan dana desa, namun dengan berbagai pertimbangan pihak Kecamatan Lubuk Barumun tidak mengizinkannya.

Mewakili warga Desa Pagaran Mompang, Muklas Parmata Daulay sangat berharap kepada Pemerintah melalui dinas terkait agar segera melakukan perbaikan terhadap jembatan gantung yang sangat dibutuhkan 560 warga di desa tersebut.(a31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2