Waspada
Waspada » Jembatan Darurat Sabahotang Kembali Ambruk
Sumut

Jembatan Darurat Sabahotang Kembali Ambruk

 

PALAS (Waspada) : Akses jembatan darurat Desa Sabahotang Kecamatan Barumun Baru Kabupaten Padanglawas (Palas), kembali ambruk diterjang luapan Sungai Barumun, Kamis (31/12) malam.

Jembatan yang berpondasi pohon pinang berlantaikan kayu dan papan bekas itu, telah menyentuh deras nya aliran Sungai Barumun hingga jembatan mengalami kemiringan dan menanjak.

Meski telah membahayakan keselamatan dan nyawa, warga tetap nekat melintas diatas jembatan yang rusak dan diterjang derasnya arus sungai.

“Harus nekat dan percaya diri, jangan ragu-ragu bisa terjatuh dan terbawa derasnya sungai,” kata warga setempat Agus Prayudi, saat hendak menuju desa.

Ia menuturkan, sejak jembatan utama ambruk 2019 lalu. Warga telah puluhan kali membangun jembatan darurat itu yang hanyut diterjang luapan Sungai Barumun.

Katanya, saat ini warga desa tengah bergotong-royong mengumpulkan bahan material jembatan untuk membangun kembali jembatan darurat tersebut.

Sebab, mereka khawatir sewaktu-waktu ada warga yang sakit dan perlu pertolongan medis. Bisa segera dibawa tanpa harus ditandu melintasi derasnya arus sungai.

Terlebih kondisi ambruknya jembatan tersebut, sangat menyulitkan warga beraktivitas sehari-hari kelur maupun masuk ke desa. Baik untuk membeli kebutuhan warga sehari-hari dan menjual hasil pertanian warga.

Sementara Kepala Desa Sabahotang Ali Zumroh Hasibuan, kepada Waspada, mengatakan sangat berharap pembangunan jembatan utama yang telah diusulkan Dinas PU Palas pada 2021 dapat terlaksana tanpa hambatan. Sebab, sudah terlalu lama 200 KK lebih warganya mengalami kesulitan dan terisolir.

“Sebelumnya, terimakasih kepada semua pihak utamanya pak Bupati Palas, atas telah dianggarkannya pembangunan jembatan utama Desa Sabahotang,” ungkap Kades. (cms)

Keterangan Gambar: Warga Sabahotang nekat melintasi jembatan darurat yang ambruk akibat luapan Sungai Barumun. Kamis (31/12). (Waspada/Muhammad Satio)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2