Waspada
Waspada » Jembatan Bailey Rampung, Hubungan P. Siantar-Tanahjawa Lancar
Sumut

Jembatan Bailey Rampung, Hubungan P. Siantar-Tanahjawa Lancar

Jembatan bailey di jalur P. Siantar-Tanahjawa Nagori Marubun Jaya kembali lancar. Waspada/Hasuna
Jembatan bailey di jalur P. Siantar-Tanahjawa Nagori Marubun Jaya kembali lancar. Waspada/Hasuna

Meski terbatas hanya dapat dilalui kendaraan roda empat berkapasitas muatan di bawah 5 ton, namun selesainya pemasangan jembatan sementara itu sudah sangat membantu bagi masyarakat Tanahjawa sekitarnya, lebih-lebih lagi kepada masyarakat yang mudik tahun baru ini.

Pengamatan di lapangan, Selasa (31/12), kendaraan roda empat yang akan melintas dari jembatan bailey dimaksud dilakukan dengan sistim buka tutup. Kendaraan yang boleh melintas hanya roda 4 dengan berat di bawah 5 ton. Sedangkan kendaraan roda dua diarahkan melalui jembatan kayu yang bersebelahan dengan jembatan bailey untuk terciptanya tertib lalulintas.

Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Simalungun Fritz Ueky Prapanca Damanik mengatakan, jembatan bailey selesai dipasang dan mulai dipergunakan Senin (30/12). Dia berharap, jembatan yang panjangnya mencapai 8 meter dengan lantai papan itu dapat bertahan lama, sehingga arus lalulintas berjalan lancar, khususnya lagi saat perayaan akhir tahun seperti saat ini.

Sebegaimana diketahui, jalan berstatus jalan provinsi itu sudah beberapa kali mengalami longsor akibat banjir kiriman dari lahan HGU milik PTPN-IV menyusul musim penghujan beberapa waktu lalu. Bahkan, jembatan bailey sudah 2 kali terpasang, namun jembatan ini amblas akibat diterjang banjir.

“Kita berharap jembatan bailey ini bisa bertahan lama, minimal hingga perbaikan jalan longsor selesai sepenuhnya,” ujar Damanik.(a29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2