Waspada
Waspada » Jemaat Gereja Di Dolok Masihul Protes Aktivitas Galian C
Sumut

Jemaat Gereja Di Dolok Masihul Protes Aktivitas Galian C

Bekas galian C di halaman belakang gereja Katolik Santa.Maria.di Dusun VII Desa Blok 10 Kec.Dolok Masihul tampak rata dengan halaman gereja, Senin (27/1) siang . Waspada/Edi Saputra.
Bekas galian C di halaman belakang gereja Katolik Santa.Maria.di Dusun VII Desa Blok 10 Kec.Dolok Masihul tampak rata dengan halaman gereja, Senin (27/1) siang . Waspada/Edi Saputra.

DOLOKMASIHUL (Waspada): Jemaat gereja Katolik  Santa Maria di Dusun VII Desa Blok 10 Kec.Dolok Masihul Kab.Serdangbedagai menyampaikan protes (keberatan) terhadap aktivitas galian C  digunakan untuk jalan tol yang lokasinya berada persis berbatasan dengan  bangunan gereja.

Usmar Sinurat,54, salah seorang jemaat  gereja Katolik Santa Maria kepada Waspada, Senin (27/1) siang dilokasi galian membenarkan pihak jemaat menyatakan protes keberatan dengan aktifitas galian C yang berada di sekitar gereja, karena menurut informasi galian sedalam 7 meter, sehingga dikhawatirkan bangunan gereja akan longsor, selain itu akan membahayakan.jemaat yang beribadah.

” Keberatan jemaat telah disampaikan ke Paroki Tebingtinggi yang merupakan pusat gereja Katolik Santa Maria Blok 10″, sebut Usmar Sinurat seraya menyatakan Pengurus gereja Katolik  Santa Maria tengah rapat ke Paroki Tebingtinggi.

Kepala Desa Blok 10 Suhardi  didampingi Jumadi,53, salah seorang warga pemilik lahan yang digali dilokasi yang sama  menuturkan galian C  yang digunakan untuk jalan tol hampir seluas 50 hektar  di Desa Blok 10  yang lahannya merupakan milik masyarakat, sejauh ini tidak ada masyarakat yang keberatan bahkan masyarakat sangat mendukung.

” Saya baru tahu jika ada jemaat gereja Katolik Santa Maria Blok 10 yang keberatan, keberatan pihak gereja juga disayangkan  oleh warga sekitar, untuk itu saya hadir disini guna mediasi tetapi pengurus gereja menurut informasi  sedang ada rapat di kota Tebingringgi sehingga yang hadir hanya perwakilan jemaat gereja”, papar Suhardi.

Humas  PT.Karya Makmur Perkasa (KMP) Willi Harianja kepada Waspada menuturkan pihak PT.KMP  tidak ada kaitan dengan masalah keberatan warga, karena selama ini pihak KMP selaku pembeli tanah galian C, penyedia alat berat beserta armada, sedangkan jika ada masalah atau keberatan warga merupakan tanggung jawab   pihak  Kuwari (  lokasi galian C pengurukan tanah) dalam hal ini selaku penanggung jawab Kuwari adalah Sihar P Sirait.

” Jika ada masalah yang belum terselesaikan dilapangan maka pihak PT.KMP akan memilih memindahkan alat berat ke lokasi lain”, tegas Willi Harianja.

Penangung jawab Kuwari.Desa Blok 10 Sihar P Sirait mengatakan galian.C yang dikerjakan disekitar gereja merupakan tanah milik warga sekitar yang merupakan perbukitan dan sekarang telah digali rata.dengan areal gereja, pihaknya juga tidak akan menggali sedalam 7 meter.sesuai perizinan.yang telah mereka miliki.

‘ Jikapun jadi digali akan diberi jarak sekitar 12 meter yang oleh warga akan sekaligus dijadikan akses jalan, jikapun nanti timbul kerusakan akibat aktifitas galian C akan diberikan kompensasi hingga perbaikan, kalau belum juga ada solusi kami akan pindah ke lokasi lain, namun kami juga akan menampung aspirasi masyarakat yang setuju terhadap aktivitas galian C ini, terlebih warga pemilik lahan yang telah digali dan juga yang akan digali”, terang Sihar.

Masalah pengerukan di dekat gereja lanjut Sihar, sebelumnya  persis disisi belakang gereja merupakan perbukitan yang sekarang digali sejajar dengan halaman gereja meskipun lapisan tanahnya tidak bisa untuk galian C karena materialnya berpasir, pihaknya tetap merapikan bekas galian.

Pantauan Waspada, bekas galian C yang berada di sekitar gereja kondisinya rata dengan halaman gereja. Selain itu upaya mediasi yang digagas pihak Desa Blok 10  yang dihadiri Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Blok 10, pihak Intelkam Polres Sergai, pihak PT.KMP dan Kuwari batal digelar karena pihak gereja Katolik Santa Maria hanya dihadiri perwakilan jemaat. (c03/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2