Waspada
Waspada » Jelang Pergantian Tahun, Arus Lalintas Di Doloksanggul Padat
Headlines Sumut

Jelang Pergantian Tahun, Arus Lalintas Di Doloksanggul Padat

PETUGAS Lantas Polres Humbahas tengah mengaturarus  alulintas di pusat kota Doloksanggul. Jelang Pergantian Tahun, Arus Lalintas Di Doloksanggul Padat. Waspada/Andi Siregar 
PETUGAS Lantas Polres Humbahas tengah mengaturarus  alulintas di pusat kota Doloksanggul. Jelang Pergantian Tahun, Arus Lalintas Di Doloksanggul Padat. Waspada/Andi Siregar 

DOLOKSANGGUL (Waspada): Menjelang pergantian tahun 2020 ke tahun 2021, arus lalulintas di pusat kota Doloksanggul, Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara terpantau padat. Namun meski terlihat padat, petugas lalulintas yang tergabung dalam Ops. Lilin Toba dapat mengendalikan kemacatan sehingga arus lalulintas tetap lancar.

Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar melalui Kasat Lantas Polres Humbahas AKP Danil Saragih kepada Waspada.id, Kamis (31/12) melalui sambungan selulernya mengatakan, kepadatan arus lalulintas jelang pergantian tahun disebabkan bertambahnya volume kenderaan oleh pemudik yang akan merayakan pergantian tahun atau menyambut tahun baru di kampung halaman bersama keluarga.

Katanya, bertambahnya jumlah kenderaan itu sudah mulai pasca Hari Raya Natal 25-26 Desember 2020. Kemudian, kepadatan arus lalulintas terus bertambah jelang akhir tahun dan puncaknya diprediksi menjelang malam pergantian tahun 2020 menyambut tahun 2021.

“Kepadatan arus lalulintas pada pergantian tahun sudah biasa karena pemudik yang berasal dari Tapanuli kerap merayakan pergantian tahun di kampung halaman bersama keluarga,” katanya.

Dia menjelaskan, bahwa kepadatan arus lalulintas akan berlanjut pada arus balik mulai tanggal (3/1/2021), dan lalulintas akan kembali normal pasca arus balik.

Pada pengamanan lalulintas jelang akhir tahun, kata Danil, pihaknya bekerjasama dan mensiagakan personel gabungan Ops. Lilin Toba. Pada puncak kepadatan arus Lalulintas, semua simpang di pusat kota akan dijaga oleh petugas sehingga terhindar dari kemacetan atau pelanggaran lalulintas.

Mantan Kapolsek Talun Kenas, Polres Deliserdang itu juga menyampaikan bahwa sejauh ini pengamanan lalulintas di Wilkum Polres Humbahas berjalan lancar tanpa kendala. Demikian juga Ormas setempat dari PBB (Pemuda Batak Bersatu) juga terlibat dan peduli lalulintas yang tertib dan lancar.

Ditanya, titik rawan Laka (black spot) di Wilkum Polres Humbahas, kata Danil, black spot negatif. “Tidak ada daerah rawan Laka. Di sini, sifatnya, kecelakaan itu karena faktor jalan. Misalnya, jalan licin yang menikung,” ujarnya.

Katanya lagi, bahwa rawan macet juga nihil. Kebetulan, pusat kota dekat dengan pekan. Sehingga pada saat menjelang pergantian tahun seperti ini, jumlah kendraan relatif bertambah dari yang biasanya. Di sisi lain, antrian kenderaan yang mengisi bahan bakar di SPBU yang berada di pusat kota.

Untuk arus mudik jelang pergantian tahun 2020, serta arus balik nanti di awal tahun 2021, Danil mengimbau pengendara agar tetap mematuhi Prokes pencegahan Covid-19. Tertib berlalulintas, untuk menekan angka kecelakaan, imbaunya. (cas)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2