Jalan Provinsi Sei Rampah-Bedagai Banjir

  • Bagikan

SERDANGBEDAGAI (Waspada): Akibat tingginya curah hujan serta meluapnya sungai Rampah menyebabkan sejumlah ruas Jalan Provinsi Sei Rampah – Bedagai mengalami banjir setinggi lutut kaki orang dewasa yang panjang banjirnya mencapai 2 KM pada jalan provinsi tersebut.

Pantauan Waspada dilapangan, Selasa (2/11) tepatnya di Kampung Pala Dusun 7 Desa Sei Rampah kecamatan Sei Rampah hampir seluruh rumah warga terendam banjir dan satu Musholla Al- Akmal tidak bisa digunakan serta banyak warga yang mengutip sumbangan di pinggir jalan.

Warga Kampung Pala Dusun 7 Desa Sei Rampah, Endrik, 37, mengatakan hampir 2 KM ruas jalan provinsi Sei Rampah – Bedagai banjir selama 3 hari ini dengan kedalaman hampir selutut orang dewasa. “Akibat hujan satu malaman pada malam Minggu itu inilah jadinya rumah banjir dan jalan banjir, susah kami setiap tahunnya selalu begini,” katanya.

Banyaknya masyarakat yang mengutip sumbangan di pinggir jalan ini sebab kami tidak bisa beraktivitas bekerja sebab rumah banjir, dari sinilah kami untuk biaya makan, ungkap Endrik.

Terpisah, banjir juga terjadi di Dusun 3, Desa Sei Rampah, sehingga menyebabkan banyak rumah warga terendam banjir dan beberapa warga mengungsi di tenda STM.

Warga Dusun 3 Desa Sei Rampah, Irsal, 60, menjelaskan hampir seluruh rumah disekitaran Dusun 3 Masjid Jami Sei Rampah terendam banjir selama 3 hari ini. “Ada 5 rumah yang kedalaman airnya masuk ke rumah setinggi se dada orang dewasa,” jelasnya.

Banyak juga masyarakat yang mengungsi, ada yang di rumah keluarganya ada yang di tanggul sungai dengan menggunakan tenda STM, ungkap Irsal.

Irsal, sangat berharap kepada Pemerintah agar kiranya segeralah mengorek sungai Rampah mulai dari Rel Kereta Api Kampung Pala sampai Kuala Bedagai, agar banjir ini tak selalu terjadi setiap tahunnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai Hendri Suharto, saat dihubungi mengatakan ada sekitar 1052 rumah yang terendam banjir di Desa Sei Rampah. (cml).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *