Waspada
Waspada » Jalan Karo- Langkat Masih Berpotensi Longsor
Sumut

Jalan Karo- Langkat Masih Berpotensi Longsor

LOKASI longsor di kilometer 18-19 Kabanjahe Namanteran. Jalan Karo- Langkat Masih Berpotensi Longsor.  Waspada/Micky Maliki
LOKASI longsor di kilometer 18-19 Kabanjahe Namanteran. Jalan Karo- Langkat Masih Berpotensi Longsor.  Waspada/Micky Maliki

TANAH KARO (Waspada): Masyarakat pengguna jalan lintas Karo-Langkat, di kilometer 18-19 antara Kabanjahe Namanteran, diimbau mewaspadai lokasi rawan longsor atau potensi bencana hidrometeorologi.

Meski sekarang tidak lagi berada pada masa puncak musim hujan, bencana alam tersebut bisa datang kapan saja tanpa adanya gejala.

“Sesuai prakiraan, puncak musim penghujan ke depannya akan terjadi. Meski sekarang belum terjadi, namun potensi hujan deras tetap ada,” kata Kapolsek Simpang Empat AKP Ridwan Harahap, Rabu,(17/3).

Dijelaskan Ridwan, dengan adanya potensi hujan deras, dampak bencana yang ditimbulkan harus diantisipasi. Mulai dari genangan, banjir, pohon tumbang, angin kencang.

Selain itu, karena wilayah Kabupaten Karo-Langkat dikelilingi dalam kawasan hutan Bukit Barisan, potensi terjadi longsor dikhawatirkan bakal terjadi. Dengan begitu diharapkan kepada dinas terkait bisa segera melakukan perbaikan di lokasi titik longsor maupun lokasi lain yang dikhawatirkan bisa menimbulkan longsoran baru.

Sementara Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin SH, MAP, mengaku memaksimalkan upaya penanggulangan terhadap setiap kemungkinan longsor di wilayah tugasnya yang bisa terjadi akibat cuaca.

Penguatan melalui keterlbatan seluruh elemen, maka pengetahuan bencana dinilai penting dilakukan sehingga masyarakat juga lebih siap dan dapat melakukan antisipasi dini terhadap setiap bencana alam.

Sementara pengguna jalur itu diharapkan agar tetap selalu waspada, dan mampu melihat situasi bila tidak memungkinkan melintas di wilayah itu.

“Dengan adanya imbauan dan sosialisasi serta berkordinasi dengan steak holder diperkuat, kita harapkan masyarakat dan pengguna jalan Karo-Langkat harus lebih mengutamakan keselamatan diri dan berhati hati. Memang saat ini risiko terjadinya bencana alam masih ada. Beberapa waktu lalu terjadi bencana longsor, Alhamdulillah tidak ditemukan adanya korban jiwa,” tambah Natanail.(c02).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2