Jalan Binjai-Bukit Lawang Rusak Parah, Binamarga Akui Tak Ada Anggaran - Waspada

Jalan Binjai-Bukit Lawang Rusak Parah, Binamarga Akui Tak Ada Anggaran

  • Bagikan

 

LANGKAT (Waspada): Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Kuala, Kabupaten Langkat, melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) terkait kerusakan Jalan Binjai-Bukit Lawang, Kamis (29/7).

Kerusakan jalan yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Sumatera Utara itu, tepatnya berada di Lingkungan Banten, Kelurahan Pekan Kuala, dengan panjang sekitar 3 Kilometer.

Rakor dimaksudkan guna mencari solusi agar dapat mengantisipasi kemarahan warga yang mulai resah dengan kerusakan jalan tersebut. Sebab, kerusakan jalan sudah sangat parah dan menganggu aktivitas warga setempat.

Camat Kuala Imanta Perangin-angin menegaskan, pihaknya sudah mengutus Lurah Pekan Kuala untuk melakukan koordinasi ke Bina Marga Provinsi.

“Musrenbang Kecamatan Kuala untuk tahun anggaran 2022, perbaikan jalan provinsi tersebut juga akan kita prioritaskan dan diajukan melalui Musrenbang Kabupaten Langkat,” kata Imanta.

Sementara itu, Kepala UPT Binamarga Sumut di Binjai melalui Kepala TU Azwar, mengakui, pihaknya sudah berulang kali mengajukan perbaikan jalan tersebut, namun belum juga disetujui.

“Sejak 2019 sudah kami mohonkan perbaikan jalan itu. Bahkan kami mohonkan sepanjang 5 kilometer. Karena anggarannya tak kunjung turun bagaimana kami mau memperbaikinya,” kata Azwar.

Azwar juga mengakui, mereka sudah bertemu dengan pihak Kecamatan Kuala membicarakan persoalan tersebut. “Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali mengusulkan kembali anggaran perbaikannya. Anggaran perawatan pun tidak ada,” tegasnya.

Sebelumnya, Azwar pernah mengatakan, truk over tonase harus ditindak terlebih dahulu. Jika truk itu tidak ditindak, sebut Azwar, maka jalan tersebut terus menerus mengalami kerusakan secara bergantian dengan waktu yang tidak lama. (a34)

Teks foto: Kerusakan Jalan Binjai-Bukit Lawang, percisnya di Kecamatan Kuala. Jalan berlumpur di musim hujan dan berdebu di musim panas. (Waspada/Ria Hamdani)

  • Bagikan