Jaksa KPK Limpahkan Perkara AMS Ke PN Tipikor Medan - Waspada

Jaksa KPK Limpahkan Perkara AMS Ke PN Tipikor Medan

  • Bagikan

 

AEKKANOPAN (Waspada) : Jaksa KPK Budhi S melimpahkan berkas perkara dugaan kasus suap DAK APBN-P TA 2017 dan DAK 2018 atas terdakwa inisial AMS ke PN Tipikor Medan.

“Hari ini, Rabu 27 Januari 2021, Jaksa KPK Budhi S melimpahkan berkas perkara terdakwa AMS ke PN Tipikor Medan. Penahanan selanjutnya beralih dan menjadi kewenangan dari PN Tipikor Medan”, kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri pada Waspada via WhatsApp, Rabu (27/1).

AMS terdakwa dugaan suap yang melibatkan Bupati Labura non aktif KSS yang ditahan penyidik KPK pada 10 Nopember 2020 lalu. Selanjutnya penyidik KPK menahan AMS dan ICM pada 12 Nopember 2020.

“Terkait tempat penahanan terdakwa AMS masih akan dilakukan penitipannya di Rutan Klas I Jakarta Timur Cabang KPK. Selanjutnya, menunggu penetapan penunjukan dari Majelis Hakim yang akan memimpin persidangan dan penetapan jadwal persidangan dengan agenda pembacaan surat dakwaan”, ujar Ali.

Sambungnya, terdakwa di dakwa dengan dakwaan Pasal 5 ayat (1) UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat ( 1 ) ke 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP. Atau terdakwa dikenakan Pasal 13 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Sebelumnya, kasus dugaan korupsi merupakan pengembangan dari perkara dugaan suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah dalam pengurusan APBN-P TA 2017 dan APBN 2018 yang diawali dengan OTT pada Jumat 4 Mei 2018 di Jakarta. Setelah itu, pengembangan OTT yang menetapkan 6 orang terdakwa dan telah di vonis bersalah oleh majelis hakim pengadilan Tipikor.

AMS merupakan Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Labura. Sementara ICM adalah mantan anggota Komisi IX DPR RI periode 2014-2019. (c04/B).

Keterangan Gambar : AMS Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Labura saat keluar dari gedung KPK. Waspada/Ist.

  • Bagikan