Waspada
Waspada » Ini Jadwal Bantuan Sembako Dari Pemko Binjai
Sumut

Ini Jadwal Bantuan Sembako Dari Pemko Binjai

BINJAI (Waspada): Pemerintah Kota (Pemko) Binjai sudah menjadwal penyaluran bantuan sembako terhadap masyarakat terdampak Covid-19.

Menurut keterangan Wali Kota Binjai HM Idaham, Senin (20/4) sore, penyaluran bantuan sembako akan dilakukan secara bertahap per kecamatan.

Untuk tahap awal, kata Idaham, penyaluran bantuan sembako direncanakan pada hari Rabu (22/4). “Ada dua kecamatan dihari pertama. Kita pilih dari kecamatan padat penduduk, seperti Binjai Utara dan Binjai Selatan,” kata Idaham di Posko Utama Penanganan Covid-19.

Selanjutnya, sambung Idaham, penyaluran bantuan dilakukan di tiga kecamatan, yakni Binjai Timur, Kota, dan Barat. “Bantuan ini kita rencanakan sebanyak 3 kali yang disalurkan secara stimulan atau bertahap,” bebernya.

Idaham menegaskan, masyarakat yang mendapat bantuan sembako dari Pemko Binjai berjumlah 45 ribu kepala keluarga. Jumlah ini, sebutnya, diluar dari masyarakat penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Ini sudah menjadi aturan pemerintah. Sebab masyarakat penerima PKH dan BLT sudah menerima bantuan dari pemerintah pusat,” tegasnya.

Idaham juga menyebutkan, masyarakat yang layak menerima bantuan tetapi tidak terdata, agar tidak khawatir. Sebab, masih ada harapan untuk menerima bantuan tersebut.

“Dalam penyaluran bantuan ini petugas gabungan langsung turun. Jika saat penyaluran nanti ada ditemukan warga yang layak tetapi tidak terdata, maka akan kita ambil datanya. Setelah kita perifikasi dan memang benar layak, bantuan itu akan kita berikan,” urainya.

“Begitu juga sebaliknya, jika ada ditemukan warga yang tidak layak tetapi terdata, maka akan dihapus atau dicoret sebagai penerima bantuan,” tambah Idaham.

Dibeberkan Idaham, warga penerima PKH dan BLT juga tidak perlu berkecil hati. Sebab, pihak ketiga nantinya direncanakan ikut memberikan bantuan sembako. “Artinya, masyarakat yang tidak mampu dan juga terdampak Covid-19 tetap sama-sama mendapat bantuan,” cetusnya.

Idaham berharap, agar masyarakat tetap bersabar mengingat saat ini petugas sedang menyusun dan menyiapkan bantuan. “Banyak hal yang harus kita siapkan. Mencari beras juga dimasa seperti ini tidak mudah, belum lagi mendata calon penerima bantuan, dan berbagai persiapan lainnya. Proses itu yang harus kita lalui. Tapi yang terpenting, bantuan secara bertahap sudah siap kita laksankan,” paparnya.

“Saya juga mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti intruksi pemerintah. Jangan keluar rumah jika tidak penting, rajin cuci tangan, menjaga jarak, dan masyarakat harus melapor jika ada keluarganya yang baru saja tiba dari kota terpapar Covid-19. Dengan disiplin diri, mudah-mudahan kita terbebas dari wabah ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui, bantuan sembako yang akan diberikan Pemko Binjai terdiri beras 10 Kg per KK, minyak goreng, mie instan dan garam.

(a05/crh)

Teks foto: Para pekerja membongkar ratusan ton beras di GOR Binjai untuk segera disalurkan ke masyarakat terdampak Covid-19. (Waspada/Ria Hamdani)

#Pekerja menimbang dan menyusun beras untuk bantuan terhadap warga yang terdampak Covid-19. (Waspada/Ria Hamdani

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2