Waspada
Waspada » Imigran Asal Rohingya Jalani Karantina Dipulangkan
Sumut

Imigran Asal Rohingya Jalani Karantina Dipulangkan

 

LIMAPULUH (Waspada): Bupati Batubara Ir.H.Zahir, MAP menyambangi imigran gelap asal Rohingya yang menjalani proses karantina di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batubara di Kwala Gunung, Kec Datuk Lima Puluh,
Sabtu (23/1).

Sebelumnya 18 imigran gelap diamankan dalam satu tempat penampungan rumah kontrakan di kawasan Kec Medang Deras, 20 Januari lalu.
Mereka diantaranya 15  berasal dari Nyanmar ( Rohingya) dan 3 Jawa Timur (Jatim) terdiri ibu dan anak dijanjikan untuk diberangkatkan ke Malaysia melalui pelabuhan tikus.

Selain itu bupati juga melepas para imigran untuk pulang ke tempat asal masing-masing sekaligus memberikan santunan uang.
Zahir mengatakan imigran diamankan Satgas Covid – 19 dan Polres Batubara ini, didatangkan dari luar daerah untuk dikirim ke negara jiran Malaysia yang diketahui sudah lockdown.
” Kita prihatin atas nasib imigran yang telah tertipu oleh oknum agensi atau calo penyalur TKI,”ujarnya didampingi Ketua DPRD M Syafi’i, SH dan Asisten I,  Pemerintahan, Rusian Heri.

Sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) Satgas Covid – 19 Kab Batubara, para imigran terlebih dahulu jalani karantina, setelah dilakukan pengecekan covid dinyatakan steril/ negatif dari virus.
Dan selanjutnya dipulangkan ke tempat asalnya melalui Kementrian Hukum dan HAM.
Menurut Zahir Bapak Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan terima kasih kepada pihak Imigrasi, Kepolisian dan Pemkab Batubara yang telah mengantasipasi penularan virus Covid -19 dari pendatang (orang)  luar, sehingga tidak adanya klaster terbaru penularan virus corona.(a18)

Ket gambar:
BUPATI Batubara Ir.H. Zahir, M.AP saat menyambangi dan melepas18 imigran gelap diantaranya berasal Rohingya ketempat asalnya, setelah jalani karantina.Waspada/Ist

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2