Waspada
Waspada » Idul Adha 2021 Momen Saling Berbagi Di Tengah Pandemi
Sumut

Idul Adha 2021 Momen Saling Berbagi Di Tengah Pandemi

Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu saat.menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan kepada lansia dan jompo Jamaah BKMT Tano Tombangan Angkola. Idul Adha 2021 Momen Saling Berbagi Di Tengah Pandemi. (Waspada/Ist)
Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu saat.menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan kepada lansia dan jompo Jamaah BKMT Tano Tombangan Angkola. Idul Adha 2021 Momen Saling Berbagi Di Tengah Pandemi. (Waspada/Ist)

TAPSEL (Waspada): Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu mengajak warganya untuk memaknai Hari Raya Idul Adha 2021 di tengah pandemi, sebagai momentum untuk saling berbagi antar sesama Muslim dan bukan hanya sekedar ritual menyembelih hewan kurban.

“Niat kita berkurban untuk berbagi. Dengan budaya Tapsel yang kental dengan Dalihan Na Tolu, hal ini akan semakin menguat,” ujar Bupati pada penyerahan bantuan kepada lansia dan jompo Jamaah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Tano Tombangan Angkola di Aula Kantor Camat setempat, Minggu (18/7).

Menurut Bupati, setelah menerima potongan daging kurban bagi orang yang berhak menerimanya maka potongan tersebut dapat dibagikan ke sesama warga meski warga non Muslim, namun bahagian tersebut tetap bagian dari orang yang berhak mendapatkannya.

Dolly mengungkapkan Idul Adha tahun lalu, waktu itu Bupati berkurban di Desa Hurase, Kecamatan Batang Angkola. Desa Hurase merupakan desa yang didiami minoritas muslim yang hanya 12 KK dan sangat jarang menerima daging kurban.

Warga Muslim desa itu mengaku tidak mampu menangani seekor hewan kurban setelah disembelih. Dengan demikian mereka bermusyawarah agar kurban dilaksanakan di desa tetangga, yakni di Desa Sibulele.

Selanjutnya, ujar Bupati, warga Muslim dan non Muslim kedua desa saling bekerjasama untuk menangani hewan kurban itu setelah disembelih. Setelah itu, daging hewan kurban tersebut dinikmati warga Muslim dan non Muslim di dua desa itu.

Kata Bupati, memasak dan makan bersama daging kurban sudah menjadi tradisi di daerah itu. Namun untuk tahun ini kegiatan Itu ditiadakan karena pandemi dan mengingat kasus terjangkitnya Covid-19 masih cukup tinggi.

Dalam kesempatan itu, Dolly mengungkapkan Idul Adha tahun ini dia berencana melaksanakan salat Idul Adha di Kecamatan Angkola Muaratais, katanya penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di kecamatan itu.

Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, Kecamatan Tantom Angkola merupakan wilayah yang didiami warga yang berbeda suku dan agama namun tidak pernah ada permasalahan dengan hal tersebut.

“Kami berharap , masyarakat selalu hidup berdampingan dengan rukun dan damai serta keberagaman ini dapat terus terjaga,” harap Rosalina.

Selain itu, Rosalina juga menyampaikan agar tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) sebagaimana yang di anjurkan pemerintah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Selalu menjaga kebersihan dan daya tahan imun tubuh agar terhindar dari penyebaran Covid 19,” ujar Rosalina.

Hadir dalam kegiatan itu Kadis Pariwisata Abdul Saftar Harahap, Sekretaris Sosial Zulkarnaen Siregar, Camat Tantom Angkola Indra Sakti Siregar, Ketua BKMT Tapsel Hj Anna Lely Hutasuhut dan jamaah BKMT Kecamatan Tantom Angkola. (a31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2