Ibrahim Ali, SH, MH: Penghentian Penuntutan Berdasarkan RJ Harus Melalui Tahapan

  • Bagikan

P. BRANDAN (Waspada): Kejaksaan Negeri Langkat di P. Brandan adakan seremonial kegiatan penghentian penuntutan berdasarkan Restorative Justice (RJ), Kamis (11/11). Hal ini sebagai upaya penyelesaian perkara di luar peradilan dengan mengedepankan upaya pendekatan mediasi antara pelaku dengan korban.

Acara ini dihadiri, Kacabjari P. Brandan Ibrahim Ali, SH. MH, Jaksa Penuntut Umum, Juergen K. Marusaha, SH, MH, Staff Pidum & Pidsus, Alberto Vernando, SH, penyidik Polsek Pangkalansusu Aiptu Irwansyah, aparatur desa, dan seorang tersangka berikut korban.

Cabjari P. Brandan Ibrahim Ali, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, acara seremonial kegiatan penghentian penuntutan berdasarkan Restorative Justice diamanahkan dalam Peraturan Kejaksaan RI Nomor: 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Perkara Berdasarkan Keadilan Restorative.

Mantan Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Langkat itu lebih lanjut menjelaskan, konsep pendekatan Restorative justice merupakan pendekatan yang lebih menitik beratkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana, serta korbannya sendiri.

Namun begitu, katanya, pelaksanaan pengajuan atau penghentian penuntutan berdasarkan Restorative Justice juga dilakukan tidak serta merta, melainkan melalui tahapan-tahapan sesuai dengan syarat dan ketentuan sebagaimana yang diatur dalam Perarturan Kejaksaan RI No: 15 Tahun 2020.

Dia menambahkan, sebelumnya pada, Selasa (2/11), bertempat di ruang rapat Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di P. Brandan telah dilaksanakan pemaparan hasil Restorative jlJustice dengan Asisten Tindak Pidana Umum Kejatisu dan Kajari Langkat secara virtual.

Kemudian, lanjut Ibrahim, pada, Selasa (9/11), dilakukan ekspose secara virtual bersama dengan Direktur Oharda Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum terkait perkara yang telah diajukan Restorative Justice, yakni perkara pidana dengan sangkaan Pasal 480 ayat (1) KUHPidana dengan tersangka Si.

Proses pelaksanaan kegiatan seremonial Restorative Justice yang dilaksanakan pihak Kejaksaan Negeri Langkat di P. Brandan berjalan aman dan lancar serta dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. (a10)

Teks Foto: KEPALA Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di P. Brandan, Ibrahim Ali, SH, MH foto bersama usai acara serimoni penghentian penuntutan berdasarkan Restorative Justice. Waspada/Ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *