Waspada
Waspada » Hasil Pilkada Tapsel 2020 Digugat Ke MK
Headlines Sumut

Hasil Pilkada Tapsel 2020 Digugat Ke MK

Bukti pengajuan gugatan Paslon No. 1 Yusuf-Roby terhadap KPU atas hasil Pilkada Tapsel di MK. Hasil Pilkada Tapsel 2020 Digugat Ke MK. Waspada/ist
Bukti pengajuan gugatan Paslon No. 1 Yusuf-Roby terhadap KPU atas hasil Pilkada Tapsel di MK. Hasil Pilkada Tapsel 2020 Digugat Ke MK. Waspada/ist

TAPSEL (Waspada) : Hasil Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kab. Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun 2020 digugat Paslon No.1 Yusuf-Roby ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Informasi diperoleh Waspada.id, Jumat (18/12), Paslon No.1 Mhd. Yusuf Siregar – Roby Agusman Harahap (Yusuf-Roby) menggugat KPU Tapsel ke MK karena diduga banyak terjadi pelanggaran dan kecurangan dalam proses Pilkada Tapsel.

Gugatan terhadap hasil atau proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel Tahun 2020 diajukan Paslon Yusuf-Roby melalui kuasa hukumnya Ranto Sibarani dkk, diterima MK tanggal 18 Desember 2020 pukul 00.06 WIB.

Berkas permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHP Kada) tersebut telah dicatat dalam Buku Pengajuan Permohonan Elektrik (E-BP3) MK sebagaiman tertuang dalam Akta pengajuan permohonan No.22/PAN.MK/AP3/12/2020.

Langkah hukum yang ditempuh Paslon No.1 Yusuf-Roby untuk menggugat KPU Tapsel ke MK sudah terlihat saat penetapan hasil Pilkada Tapsel Tahun 2020 Tanggal 15 Desember 2020 di Gedung Serbaguna Simaninggir, Sipirok.

Saat itu, Bangun Siregar sebagai salah saru saksi Poslon Yusuf-Roby menolak menada tangani hasil perhitungan suara Pilkada Tapsel dengan alasan banyaknya pelanggaran yang terjadi dalam proses Pilkada Tapsel.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tapsel Kemry Syafii Nasution membenarkan bahwa Paslon No.1 Yusuf-Roby telah mengajukan gugatan Ke MK dengan termohon KPU Tapsel.

“Terkait gugatan Paslon No 1 di MK, KPU Tapsel masih menunggu informasi lebih lanjut dan untuk penetapan bupati terpilih akan ditunda sampai proses sengketa selesai di Mahkamah Konstitusi,” katanya.(a39)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2