Waspada
Waspada » Hasil Lab Matinya Ribuan Ikan  Masih Ditunggu
Sumut

Hasil Lab Matinya Ribuan Ikan  Masih Ditunggu

 

LIMAPULUH (Waspada): Dinas Perikanan Kab Batubara telah mengambil sampel air dan ikan yang mati untuk dibawa ke laboratorium di Medan guna mengetahui penyebab matinya ribuan pisces (ikan) di Pantai Datuk, Desa Kuala Indah, Kec Seisuka.

“Kita sudah turun ke lokasi pantai tempat ditemukan ikan mati mengambil sampel air dan beberapa ekor ikan guna di bawa ke laboratorium kemarin,”
tukas Kepala Dinas Perikanan Kab Batubara Toni Ritonga kepada Waspada, Jum’at (23/4).
Diperkirakan hasil lab baru diketahui pekan depan. Kematiannya apakah ada unsur kimia atau karena faktor lain.

“Ini baru kita ketahui dari hasil lab nantinya,” terang Toni dan mengatakan kedua sampel dikirim di tempat berbeda untuk dilab.
Selain Dinas Perikanan, sejumlah instansi juga dikabarkan turun ke lokasi matinya ikan, termasuk dari Polres Batubara dan Dinas Lingkungan Hidup mengambil sampel lumpur, air dan ikan mati.

Sebagaimana diketahui ribuan ekor ikan ditemukan kondisi bermatian di pinggir Pantai Datuk Desa Kuala Indah, Kec Seisuka,
Warga tidak mengetahui apa penyebab berbagai jenis ikan ditemukan kondisi mati terdampar. Penemuan itu sempat heboh dan dikhawatirkan jenis ikan laut dan sungai (muara) itu mati diduga terkontaminasi zat kimia yang ada di air laut.
Sebab sebelumnya tidak pernah terjadi dan viral setelah diunggah di medsos.(a18)

Ket gambar:
TAMPAK ribuan jenis ikan laut dan sungai (muara) bermatian di pinggir Pantai Datuk, Desa Kuala Indah, Kec Seisuka, Batubara. Waspada/Ist

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2