Waspada
Waspada » Hari Ke-4 Lebaran, Jalinsum Sumut-Aceh Masih Sepi
Sumut

Hari Ke-4 Lebaran, Jalinsum Sumut-Aceh Masih Sepi

ARUS kenderaan di Jalinsum Medan - Aceh masih tampak sepi H+4 lebaran. Waspada/Asrirrais
ARUS kenderaan di Jalinsum Medan - Aceh masih tampak sepi H+4 lebaran. Waspada/Asrirrais

 

BESITANG (Waspada): Memasuki hari keempat lebaran Idul Fitri 1442 Hijiriah, arus lalulintas di perbatasan Sumatera Utara – Aceh, khususnya di Jalinsum Besitang masih tampak sepi.

Sepinya arus kenderaan, baik bus angkutan umum, maupun mobil pribadi diduga akibat faktor ketatnya penyekatan arus mudik di wilayah perbatasan Aceh Tamiang – Desa Halaban, Kec. Besitang, Kab. Langkat.

Pantauan Waspada.id, Minggu (16/5) sore, susana di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tampak tak dipadati arus kenderaan. Bahkan, arus kenderaan di jalan penghubung antara kedua provinsi ini yang biasanya padat, kali ini relatif sepi.

Di jalan nasional ini tampak lebih didominasi kenderaan roda dua, sementara bus angkutan umum praktis tidak ada yang melintas akibat ketatnya penjagaan para petugas di wilayah perbatasan, khususnya di Aceh Tamiang.

Sebagian warga merasa kesal kebjiakan penyekatan karena rencana perjalanan mereka terhambat. Sedangkan sebagian kecil warga menyambut positif, sebab upaya penyekatan dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kalau tahun sebelumnya kami masih bisa bersilaturahami dengan sanak keluarga di Aceh pada momen Idul Fitiri, tapi tahun ini kami tak bisa berpergian keluar provinsi,” imbuh Yusuf, salah seorang warga Langkat.

Meski ketatnya penyekatan, tapi tak sedikit warga Langkat yang lolos memasuki provinsi Aceh lewat jalur “tikus”. Menurut informasi, sejumlah mobil pribadi mencari celah untuk bisa lolos dengan menempuh jalan alternatif.

Untuk mengindari pos penyekatan di wilayah perbatasan Langkat Tamiang, mereka masuk melalui jalur jalan kampung di Desa Halaban, Kec. Besitang, kemudian menembus wilayah Seumedam, Aceh Tamiang.

Aturan larangan mudik yang ditetapkan 6 Mei, akan berakhir, Senin (17/5). Namun, pasca larangan mudik pemerintah rencananya akan memberlakukan aturan pengetatan perjalanan yang akan berlaku tanggal 18 hingga 24 Mei. (a10)

Baca juga:

Penyekatan Mudik, 497 Kendaraan Putar Balik

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2