Harga Telur Ayam Naik Di P.Siantar Akibat Harga Pakan Naik

  • Bagikan

            PEMATANGSIANTAR (Waspada): Harga telur ayam di Kota Pematangsiantar naik mencapai Rp 10.000/papan akibat harga pakan ternak melonjak usai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Kenaikan harga telur ayam itu mencapai Rp 47.000/papan hingga Rp 55.000/per papan dari sebelumnya sekitar Rp 35.000/papan sesuai hasil pantauan di pasar tradisional Dwikora, Rabu (25/5).

Para pedagang dan pembeli telur ayam sempat merasa terkejut, hingga akhirnya para pedagang mengetahui kenaikan harga telur ayam itu akibat mahalnya harga pakan ternak.  

Salah seorang pedagang telur ayam, Marga Butarbutar menyebutkan harga telur ayam itu berbeda-beda tergantung besar kecilnya telur.

Menurut Butarbutar, meski harganya naik, permintaan terhadap telur ayam tidak berkurang, karena telur ayam tetap menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, terutama para pedagang makanan.

Plt Kadis Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Pemko Herbert Aruan melalui Kabid Perdagangan Elpiana Turnip membenarkan kenaikan harga telur ayam itu sudah berlangsung sejak satu minggu sebelumnya.

Menurut Elpiana, pihaknya sudah turun langsung meninjau ke produsen telur ayam, diantaranya produsen telur ayam di Karangsari, guna mengetahui penyebab kenaikan harga telur ayam itu.

Para produsen telur ayam menyebutkan kenaikan harga telur ayam sejalan dengan kenaikan harga pakan ternak ayam petelur.

Akibat kenaikan harga pakan ternak ayam itu, produksi telur ayam menjadi menurun, karena produsen telur ayam mengurangi penggunaan pakan ternak ayam.

Sementara, permintaan terhadap telur ayam tetap tinggi, sedang produksi telur ayam berkurang akibat harga pakan ternak mengalami kenaikan, hingga untuk memenuhi permintaan pasar itu, dibutuhkan pemasuk telur ayam dari daerah lain.

Menurut Elpiana, hingga saat ini, pihaknya belum menemukan pemasok telur ayam dari daerah lain ke Pematangsiantar, karena di daerah lain juga masalahnya juga hampir sama seperti di Pematangsiantar.

Elpiana menambahkan, pihaknya sedang mengusahakan dan berkordinasi dengan instansi yang mengurusi perdagangan di kabupaten/kota lainnya dan sampai saat ini diperoleh informasi, belum ditemukan daerah lain yang surplus produksi telur ayamnya.(a28).

Keterangan foto:

Harga telur ayam mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 10.000/papan akibat kenaikan harga pakan ternak ayam sesuai hasil pantauan di pasar tradisional Dwikora, Kota Pematangsiantar, Rabu (25/5).(Waspada-Edoard Sinaga).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.