Waspada
Waspada » Harga TBS Sawit Dan Karet Di Palas Terus Turun
Ekonomi Sumut

Harga TBS Sawit Dan Karet Di Palas Terus Turun

Petani mengeluhkan harga TBS kelapa sawit semakin menurun, produksi juga turun, pemupukan juga tidak bisa maksimal. Waspada/Idaham butar-butar
Petani mengeluhkan harga TBS kelapa sawit semakin menurun, produksi juga turun, pemupukan juga tidak bisa maksimal. Waspada/Idaham butar-butar

PALAS (Waspada): Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dan karet di Kabupaten Padanglawas (Palas) seminggu terakhir terus menurun.

Demikian pantauan Waspada, Rabu (19/2), bahwa harga komoditas pertanian yang merupakan komoditi andalan mayoritas masyarakat di daerah ini, seminggu terakhir terus menurun.

Sebagaimana keterangan sejumlah petani, Bakkit, warga Desa Bulu Sonik juga Ilham, warga Sesa Sibuhuan Julu Kecamatan Barumun.

Kata mereka, TBS kelapa sawit yang sebelumnya sudah mencapai Rp1.800 perkilogram di tingkat petani, begitu juga dengan hasil karet yang sudah mulai mencapai Rp8.000 perkilogram.

Tetapi dari hari ke hari terus menurun, bahkan belakangan harga TBS kelapa sawit Rp1.500 perkilogram, sedang karet juga turun hingga Rp6.500 perkilogram.

Sementara di lain sisi kata warga, harga pupuk dan kebutuhan pokok tetap tinggi, sehingga mengakibatkan perekonomian masyarakat terus menurun dan semakin terpuruk.

Melihat kondisi harga kedua komoditas andalan masyarakat Padanglawas tersebut, diharapkan adanya perhatian dan kepedulian pemerintah agar perekonomian masyarakat tidak semakin terpuruk. (a33/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2