Waspada
Waspada » Gugus Tugas Dibubarkan, Kini Diganti BPBD
Sumut

Gugus Tugas Dibubarkan, Kini Diganti BPBD

TOBA (Waspada) : Bupati Toba, Darwin Siagian telah membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 82 Tahun 2020 tentang Pembentukan Komite Penanganan Covid 19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Demikian disampaikan Kadis Kominfo, Lalo Simanjuntak ketika dikonfirmasi Waspada, Senin (3/8).

“Gugus Tugas sudah tidak ada lagi, kini tanggungjawab penanganan Covid 19 di bawah naungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sejak tertanggal 1 Agustus 2020,” ujar Lalo.

Kepala BPBD Toba, dr.Pontas Batubara membenarkan peralihan penanganan Covid 19 berdasarkan Perpres Nomor 82 Tahun 2020 tersebut.

Kepada Waspada, Pontas mengaku secara lisan sudah mengetahui peralihan tersebut, namun pihaknya masih menunggu SK Bupati Toba sebagai acuan kerja Satgas Covid 19 ini.

“Hingga saat ini kita masih menunggu Bupati mengeluarkan SK terbaru, meskipun sebelumnya sudah didiskusikan dengan pimpinan, kami akan berkerja sebagai Satgas sejak dikeluarkan SK baru. Jadi, sebelum SK baru itu keluar hingga saat ini yang masih berlaku itu adalah SK Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 yang diketuai langsung oleh Bupati Toba,” tegas Pontas.

Terkait tupoksi kerja, lanjut Pontas, tupoksi BPBD berdasarkan Perpres hanya sebagai pelaksana mitigasi bencana Covid-19, mulai dari penanganan dan pelaksanaan protokol kesehatan dalam penerapan tatanan kebiasaan hidup baru.

Pontas mengaku ada 3 hal yang menjadi bagian penting Satgas Covid 19, yakni BPBD mengurusi mitagasi bencana Covid 19 dan penerapan protokol kesehatan, Dinas Kesehatan menangani langsung bagian kesehatan, sementara terkait pemulihan ekonomi ditangani bersama oleh 3 dinas terkait yakni Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Dinas Pertanian dan Dinas Sosial. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2