Gubsu Edy Serahkan Bantuan Percepatan Penanganan Covid-19

Gubsu Edy Serahkan Bantuan Percepatan Penanganan Covid-19

  • Bagikan
Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial, Bupati Asahan, H Surya, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris, Dandim 0208/AS Letkol Sri Marantika Beruh, dan Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira memberikan penjelasan kepada warga yang tengah menjalani karantina. Waspada/Ist
Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial, Bupati Asahan, H Surya, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris, Dandim 0208/AS Letkol Sri Marantika Beruh, dan Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira memberikan penjelasan kepada warga yang tengah menjalani karantina. Waspada/Ist

TANJUNGBALAI (Waspada) : Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan Percepatan Penanganan Covid-19 kepada Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial di Posko Induk Karantina Sementara Covid-19 Kota Tanjungbalai, Kota Tanjungbalai, Rabu (8/4).

Bantuan yang diserahkan berupa peralatan kesehatan untuk tim medis yang bertugas meliputi 100 rapid test, 1.000 masker Sensi, 40 baju APD, 10 Converal, dan 10 kacamata gogle.

Gubsu Edy Rahmayadi tiba di Kota Tanjungbalai menggunakan helikopter mendarat di Lapangan Mako Brimob Subden 3B Tanjungbalai. Gubsu yang didampingi Dokter Restuti diterima langsung Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial dan Forkopimda.

Selain penyerahan bantuan, kunjungan Gubsu juga mengecek dan meninjau Posko Batas Kota, pelabuhan tikus dan Posko Karantina Sementara antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 Kota Tanjungbalai.

Di Posko Induk Karantina Sementara Covid-19 Kota Tanjungbalai berlokasi di GOR Mini, Jalan D.I. Panjaitan, Gubsu berkomunikasi dengan warga yang dikarantina. Gubsu meminta warga yang dikarantina sementara untuk tetap menjaga kesehatannya.

“Saudara sekalian, jangan takut, Bapak Ibu saat ini tidak sedang dihukum tetapi menjalankan prosedur untuk menimalisir pencegahan Virus Corona,” ujarnya.

Di lokasi tersebut, Gubsu dan rombongan juga melihat fasilitas Karantina Sementara. Setelah itu, Gubsu menuju RSUD dr. Tengku Mansyur untuk meninjau kesiapan fasilitas ruangan yang akan digunakan sebagai penanganan Covid-19. Gubsu juga bertemu dengan para tenaga medis di rumah sakit itu.

Gubsu kepada petugas kesehatan meminta agar tidak boleh takut dengan virus tersebut. Sementara, pasien harus ditangani dengan baik oleh dokter dan perawat. Untuk korban meninggal karena terjangkit Covid-19, pemakamannya dilaksanakan oleh Wali Kota atau Bupati.

“Tempat perawatan harus disiapkan empat ruangan, kategori PDP 1 ruangan ditempati untuk 1 orang. Saya berjanji untuk selanjutnya mengirim bantuan APD dan Ventilator ke Kota Tanjungbalai,” ungkap Gubsu.

Pada kesempatan tersebut, para tenaga medis juga mendapatkan pembekalan dari dr. Restuti mengenai simulasi pelatihan test bongkar dan pasang APD. Pembekalan disaksikan langsung oleh Gubsu, Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial, Bupati Asahan H. Surya, beserta para Forkopimda.

Wali Kota M Syahrial mengucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumut. Menurutnya bantuan tersebut sangat berarti di tengah situasi penanganan Covid-19.

“Bantuan ini akan kita gunakan semaksimal mungkin untuk mengatasi dan menuntaskan Covid-19, utamanya untuk tenaga medis, puskesmas dan rumah sakit,” ucapnya

Syahrial mengatakan sejauh ini Pemkot Tanjungbalai bersama seluruh instansi terus berupaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Penyemprotan disinfektan di area perkantoran, publik, jalan-jalan protokol, pasar, fasilitas umum lainnya, bahkan ke lingkungan permukiman warga juga sudah dilakukan.

“Keberhasilan memerangi Covid-19 tergantung kesadaran, ketaatan, dan disiplin masyarakat terhadap aturan dan imbauan pemerintah, jika masyarakat benar-benar bekerja dan belajar di rumah, tidak berkumpul-kumpul, maka virus ini akan berakhir,” pungkas Syahrial. (A14/A32)

  • Bagikan