Waspada
Waspada » Gubsu Dan Pangdam I/BB Tinjau Korban Bencana Di Sergai
Headlines Sumut

Gubsu Dan Pangdam I/BB Tinjau Korban Bencana Di Sergai

Gubsu H. Edy Rahmayadi didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang dan Muspida Plus saar menyambangi korban banjir di Dusun II Desa Sei Rampah Kec. Sei Rampah, Rabu (2/12) Waspada/Ist
Gubsu H. Edy Rahmayadi didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang dan Muspida Plus saar menyambangi korban banjir di Dusun II Desa Sei Rampah Kec. Sei Rampah, Rabu (2/12) Waspada/Ist

SEIRAMPAH (Waspada): Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H. Edy Rahmayadi bersama Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Hassanudin meninjau sekaligus menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir dan angin puting beliung di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Rabu (2/12) sore.

Kedatangan Gubsu bersama Pangdam I/BB dan rombongan langsung meninjau dapur umum dan lokasi banjir di Gang Kancil, Dusun II Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada 9 Kecamatan se-Sergai yang terdampak bencana alam di Kecamatan Sei Rampah, tepatnya di halaman Masjid Agung, Sergai di Dusun I Desa Firdaus Kec. Sei Rampah.

Kedatangan Gubsu bersama Pangdam I/BB disambut Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, M.Si, Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy dan Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang bersama Forkompinda plus.

Gubsu H Edy Rahmayadi menyampaikan agar semua senantiasa selalu bersyukur dan berdoa agar bencana yang dihadapi saudara-saudara di Kabupaten Serdangbedagai menjadikan peringatan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Gubsu juga menyampaikan rasa prihatin atas musibah bencana alam yang dialami saudara-saudara kita di Kabupaten Sergai atau rakyat Sumatera Utara.

“Ambil hikmahnya atas musibah bencana alam yang telah menimpa,” ujar Edy Rahmayadi.

Dalam kesempatan Gubsu juga menyampaikan Kabupaten Serdangbedagai akan menghadapi Pilkada Tahun 2020 seperti ketahui Calon Bupati Sergai Ir H Soekirman dengan H Darma Wijaya, kepada seluruh masyarakat silahkan memilih sesuai keinginan hati untuk pembangunan Sergai lebih baik kedepannya.

“Saya berharap TNI/Polri tetap harus bantu rakyat, ASN di Pilkada nanti jangan Golput namun tetap menjaga netralitas,” imbau Edy Ramayadi

Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya baru dua hari bertugas di Kodam I/BB.

Pangdam I/BB juga menyampaikan rasa prihatin atas bencana alam yang telah menimpa masyarakat Sergai.

Sebelumnya Pjs. Bupati Sergai Ir H Irman menyampaikan beberapa poin penting terkait penanganan bencana di Kabupaten Sergai. Dirinya menyebut, bencana alam banjir dan puting beliung yang terjadi pada tanggal 28 November lalu berdampak kepada ribuan Kepala Keluarga (KK) dan ratusan hektare sawah.

“Pasca terjadinya bencana alam banjir, menurut data dari BPBD Kabupaten Sergai pada hari sabtu 28 November 2020, terdapat beberapa wilayah yang terdampak banjir dengan rincian: Kecamatan Sei Rampah terdapat 3.212 KK dan 157,9 HA sawah, Tebing Tinggi 721 KK dan 158 HA sawah, Dolok Merawan 39 KK dan 80 HA sawah, Bandar Khalipah 160 KK dan 45 HA sawah, Tanjung Beringin 169 KK dan 1.381 HA sawah, Tebing Syahbandar 30 KK dan 55 HA sawah, Sei Bamban 250 KK dan 350 HA sawah, Sipispis 125 KK dan 40 HA sawah dan Kecamatan Dolok Masihul 225 KK dan 107 HA sawah,” terang Irman,

Sedangkan lanjut Pjs Bupati, jika untuk korban bencana angin puting beliung yang juga terjadi pada hari yang sama, terdapat 114 rumah warga di Desa Sei Bamban, kilang padi serta kantor Desa Gempolan yang ada di Kecamatan Sei Bamban mengalami rusak akibat diterjang oleh angin puting beliung.

 

Kunjungan kerja Gubsu dan Pangdam I/BB diakhiri dengan penyerahan bantuan berupa paket Sembako dan bahan material untuk korban terdampak bencana banjir serta angin puting beliung disalurkan ke 9 Kecamatan se-Sergai.

Adapun ke 9 Kecamatan Kecamatan Sipispis, Tebing Syahbandar, Tebing Tinggi, Sei Bamban, Sei Rampah, Dolok Masihul, Dolok Merawan, Tanjung Beringin dan Bandar Khalipah.(a15/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2