Waspada
Waspada » Gempa M 5.4 Terjadi Sidikalang-Sumut
Headlines Sumut

Gempa M 5.4 Terjadi Sidikalang-Sumut

Peta lokasi gempa yang dishare PGR1 Medan. Gempa M 5.4 Terjadi Sidikalang-Sumut. Waspada/Ist
Peta lokasi gempa yang dishare PGR1 Medan. Gempa M 5.4 Terjadi Sidikalang-Sumut. Waspada/Ist

SIDIKALANG (Waspada): Gempa yang telah terjadi di Sidikalang Kab. Dairi, Sumut, Jumat (4/12) sekira pukul 2.30 berkekuatan M 5.4 dapat dirasakan sebahagian warganya.

Data gempabumi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang diteruskan PGR1 Medan dan dipublikasikan di grup WhatsApp Laporan Sinabung, Jumat (4/12) sekitar pukul 02.59 menyebutkan, gempabumi M5,4 di Sidikalang-Sumut tidak berpotensi Tsunami.

Tetapi wilayah Samudera Utara diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG, menunjukan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5.2.

Efisenter gempabumi terletak pada kordinat 3,10 dan 98.13 atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 Km arah Barat Daya Kab. Karo Sumatera Utara pada kedalaman 133 Km.

Salah seorang warga Jln. Pemuda, Lamhot Sianturi mengaku ada merasakan gempa, tapi hanya sebentar saja. Namun dia kurang tahu di mana sumber gempabumi itu.

“Usai getaran gempa, saya langsung membuka stasiun televisi, namun tidak ada televisi saat itu yang menyiarkan informasi gempabumi,” sebutnya.

Beberapa sumber Waspada.id lainnya juga mengakui tidak mengetahui di mana titik gempa. Namun mereka berasumsi asal gempa itu, dari Gunungapi Sinabung yang masih reaktif sampai sekarang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dairi, Sahata Tua Manik yang hendak konfirmasi melalui telepon selulernya, tidak dapat dikonfirmasi.

Ahli Geologi Sumatera Utara Ir Jonathan I Tarigan dikonfirmasi Waspada.id menyebutkan, gempabumi yang terjadi pukul 02.30 yang dirasakan warga Sidikalang kemungkinan tidak dirasakan seluruh warganya, karena sedang terlelap. Namun kejadian seperti ini harus selalu diwaspadai, jelasnya. (a24/a06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2