Fenomena Dua Warna Langit di Batangkuis

Fenomena Dua Warna Langit di Batangkuis

  • Bagikan
FENOMENA dua warna langit terlihat di Jalan Pancasila, Desa Payagambar, Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang, Sabtu sore (20/6) pukul 16.29 WIB. Waspada/Partono Budy
FENOMENA dua warna langit terlihat di Jalan Pancasila, Desa Payagambar, Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang, Sabtu sore (20/6) pukul 16.29 WIB. Waspada/Partono Budy

MEDAN (Waspada): Fenomena dua warna langit terlihat di atas Perumahan Kuis Indah Permai (KIP), Jalan Pancasila, Desa Payagambar, Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang, Sabtu sore (20/6) pukul 16.29 WIB.

Fenomena dua warna langit di Batangkuis itu tampaknya tidak biasa terjadi. Karena pada saat langit setengah gelap setengah terang, terdengar suara geluduk pertanda hujan.

Berdasarkan amatan, mendung yang sebagian menyelimuti kawasan perumahan KIP bergerak perlahan seakan menutupi cahaya sore yang menyinari wilayah tersebut sejak pukul 16.00 WIB.

“‘Ada dua awan yang berbeda, satu putih dan agak hitam pekat. Yang hitam bergerak menutupi yang putih. Itu pertanda kawasan di sini bakal turun hujan,” kata Kepala RT Dusun IV, Payagambar, Bahrul Amin.

Namun  perkiraan dia meleset, karena hingga pukul 16.10 hujan tak kunjung turun, dan malah panas kembali.

Hingga pukul 16.29 WIB, awan kembali gelap dan bergerak cepat menutupi sebagian wilayah berawan putih.

Sekitar pukul 16.35, hujan lebar barulah mengguyur deras, sehingga membasahi kawasan Payagambar dan sekitarnya dan pukul 17.10 WIB hujan mulai reda.

Namun langit di atas kawasan Payagambar — yang tadi hitam pucat — terlihat agak kecokelatan dan perlahan jadi putih agak kepucatan.

Kondisi yang agak aneh ini bukan hal baru, namun masyarakat diminta untuk waspada.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia besok pada Sabtu (20/6).

Menurut data terbaru BMKG, yang dirilis per Jumat (19/6) pukul 11.45 WIB, sebanyak 23 wilayah Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Situs bmkg.go.id merilis daftar wilayah peringatan dini cuaca ekstrem pada Sabtu 20 Juni dan Minggu (21/6).

Terdapat 19 wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung.

Di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, meliputi Deli Serdang, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung hingga Kalimantan Timur.

Sedangkan 4 wilayah  yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung.

Di antaranya:  Riau, Jawa Barat,  Jabodetabek dan Jawa Timur. (cpb)

 

  • Bagikan