Waspada
Waspada » Erosi Tebing Sungai, Dua Kepala Keluarga Terpaksa Pindah Rumah
Sumut

Erosi Tebing Sungai, Dua Kepala Keluarga Terpaksa Pindah Rumah

 

STABAT, (Waspada): Tebing Sungai Wampu di Desa Pertumbukan dan Kel. Bingai Kec. Wampu Kab. Langkat terus mengalami erosi berkepanjangan. Akibatnya dalam bulan ini telah dua rumah yang ditinggal pemiliknya dan terpaksa dibangun ke tempat lain karena lokasi lama tergerus. Dua rumah tersebut milik Ahmad Rabi dan Budi. Hasil pantauan Selasa (29/12) beberapa batang pohon duku milik mereka di tebing sungai segera dijual sebelum ikut tergerus ke sungai, sebab beberapa pohon lainnya telah hanyut ke sungai. Salah seorang warga disana Hasanah, 42, kepada Waspada Selasa mengatakan beberapa bulan lalu tebing yang belum tergerus masih tersisa belasan meter lagi dan warga masih merasa aman bermukim di Dusun Kampung Durian tersebut.

Namun belakangan sejak curah hujan terus meningkat tebing sungai semakin tergerus. Hasil pantauan lainnya, selain erosi tebing sungai di Dusun Kampung Durian Desa Pertumbukan, di seberangnya yang masuk ke wilayah Kel. Bingai Kec. Wampu juga demikian. Hanya saja disana jauh dari rumah penduduk dan yang telah tercebur ke sungai hanya pohon-pohon tanaman warga. Disamping itu mushalla bersama empat rumah warga di Dusun Kampung Durian juga terancam akibat erosi berkepanjangan dimaksud. Hasanah berharap petugas dari instansi berwenang dapat mengambil tindakan pencegahan untuk menanggulangi erosi berkepanjangan.

Kemudian belum lama ini ruas jalan disekitarnya juga telah dialihkan masyarakat beberapa meter ke perkebunan warga akibat erosi itu. Namun sebagaimana hasil pantauan Selasa, jalan baru tersebut kembali terancam longsor dan dikhawatirkan akan memakan korban jiwa karena struktur tanah tebing sungai semakin tidak padat. Erosi juga semakin mendekati badan tanggul dan sangat berpotensi terus tergerus karena curah hujan masih tinggi dan debit air sering naik. Sementara belum lama ini Camat Wampu Syamsul Adha mengatakan kondisi erosi itu sebelumnya telah dilaporkan kepada petugas Balai Wilayah Sungai Sumatera II karena terdapat beberapa titik yang mengalami hal serupa di sepanjang Kec. Wampu mulai dari Desa Stungkit hingga Desa Stabatlama Barat. Dampak erosi, operasional getek di Dusun Kampung Durian Desa Pertumbukan terlihat mengalami kendala. (a11).       

Gambar:

Tebing sungai di Desa Pertumbukan Kec. Wampu Kab. Langkat terus mengalami erosi berkepanjangan hingga mengancam sejumlah rumah warga. Waspada/Abdul Hakim

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2